Kajian pemilihan warna dan kualitas karya pada ilustrasi manual penyandang buta warna total : (studi kasus : ilustrasi manual berwarna karya Rukmnunal Hakim)

Santi Hapsari, Yosefin (2013) Kajian pemilihan warna dan kualitas karya pada ilustrasi manual penyandang buta warna total : (studi kasus : ilustrasi manual berwarna karya Rukmnunal Hakim). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Warna sangat penting bagi kehidupan sehari �� hari. Begitu pula halnya dalam dunia desain, warna sangat berpengaruh terhadap penilaian suatu karya. Namun faktanya tidak semua orang mampu melihat warna dengan tepat, hal tersebut dikarenakan permasalahan pada mata yang dimilikinya. Buta warna dapat mengakibatkan penglihatan akan warna menjadi tidak sama dengan penglihatan mata normal.Rukmunal Hakim adalah salah satu contoh penyandang buta warna total yang masih berkarya terutama dalam bidang ilustrasi. Ilustrasi berwarna yang dihasilkan oleh Rukmunal Hakim menarik untuk diteliti karena keunikannya dalam penggunaan unsur-unsur desain. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif yang data-datanya diperoleh berdasarkan observasi, wawancara dan studi literatur. Karya ilustrasinya kemudian dianalisis dengan menggunakan model Edmund Burke Feldman dengan tahapan-tahapan dalam proses analisisnya, yaitu deskripsi, analisis formal, interpretasi dan penilaian. Dari tahapan tersebut dapat diketahui bahwa terdapat prinsip dalam kualitas yang paling menonjol. Prinsip itu adalah harmony dengan komposisi warna selaras, yaitu warna selaras kontras dengan skema warna triad dan juga skema warna analog. Sedangkan dalam setiap karya ilustrasi berwarnanya, Rukmunal Hakim tidak terlalu memikirkan teori dalam menggunakan warna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Buta Warna Total, Ilustrasi, Pemilihan Warna, Kualitas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26287

Actions (login required)

View Item View Item