Usulan jadwal induk produksi (JIP) guna mengantisipasi flutuasi permintaan di PT.Agronesia Divisi Industri Es Saripetojo Bandung

Rachman, Taufik (2013) Usulan jadwal induk produksi (JIP) guna mengantisipasi flutuasi permintaan di PT.Agronesia Divisi Industri Es Saripetojo Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sistem produksi dapat dikatakan baik apabila dapat selalu memenuhi permintaan dari para konsumennya. PT. AGRONESIA Divisi Industri Es Saripetojo Bandung merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang memproduksi es tube dan es balok. Upaya perusahaan dalam melakukan aktivitas produksi berdasarkan masa lau, ketika permintaan meningkat perusahaan mengalami keterlambatan distribusi ketika permintaan menurun banyak es tersimpan dalam kamar pendingin. Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut maka perlu dibuat Jadwal Induk Produksi (JIP) agar dapat memenuhi tingkat pelayanan terhadap konsumen dan mencapai target produksi.Penyusunan Jadwal Induk Produksi meliputi: analisa kebutuhan (forecasting) untuk 12 periode mendatang, merencanakan produksi agregat dengan ongkos produksi yang paling minimum, disagregasi item yang menggunakan bahan baku yang sama untuk item yang berbeda, dan menyusun Jadwal Induk Produksi (JIP) sebagai dasar pertimbangan perusahaan dalam melakukan aktivitas produksi.Dari hasil perencanaan produksi secara agregat diketahui biaya untuk penggunaan pemakaian listrik untuk 12 periode mendatang yaitu sebesar Rp. 2.439.372.600,-. Dibandingkan dengan actual yang dikeluarkan perusahaan tahun lalu yaitu sebesar Rp. 2.563.083.387,-. Maka biaya penggunaan pemakaian listrik ini dapat diminimasi sebesar Rp. 123.710.787,-.Dengan diterapkannya Jadwal Induk Produksi (JIP) ini maka perusahaan akan lebih siap apabila terjadi permintaan yang melebihi kapasitas produksi, sehingga perusahaan dapat memenuhi tingkat pelayanan terhadap konsumen dan mencapai target produksi tepat waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisa Kebutuhan (forecasting), Perencanaan Produksi Aggregat, Disagregasi, Jadwal Induk Produksi (JIP).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26297

Actions (login required)

View Item View Item