Pembangunan game FPS 3D sejarah Medan area

Wahyudi, Edi (2014) Pembangunan game FPS 3D sejarah Medan area. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Game sebagai media yang interaktif dapat dijadikan sebagai media pembelajaran langsung dengan pola learning by doing yang disebut juga dengan game edukasi. Game edukasi memiliki potensi yang sangat besar dalam mengembangkan motivasi anak pada proses pembelajaran. berdasarkan hasil pengamatan terhadap beberapa anak SMA masih gemar bermain game, salah satu yang diminati adalah genre seperti FPS, yang dapat memberikan tantangan secara langsung dengan mensimulasikan apa yang dilihat melalui mata karakter yang dimainkan. Di sekolah, mata pelajaran sejarah sangat diperlukan untuk mengembangkan sifat dan karakter generasi bangsa, salah satunya adalah sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Tetapi pada kenyataannya banyak anak merasa pelajaran sejarah perjuangan tidak perlu untuk di ingat dan diketahui salah satunya adalah sejarah medan area, yang hampir sudah hilang dari ingatan anak bahkan tidak mengenal sejarah medan area.Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dirancang sebuah game edukasi yang berisi konten pengenalan nama tokoh dan tempat lokasi peristiwa sejarah medan area. Pembangunan aplikasi game ini menggunakan metode waterfall dan untuk pemodelan data menggunakan OOP, sedangkan pembanggunan game menggunakan Unity 3D dan pemodelan bangunan menggunakan 3Dmax dan GoogleSketcUP dan algoritma A* dan fuzzy logic diterapkan pada NPC musuh agar game terlihat lebih menarik.Setelah melalui tahapan yang sesuai dengan pengembangan yang dipilih, maka dalam pengimplementasian game sejarah medan area ini memiliki tindak lanjut pengujian sistem yang terdiri dari pengujian alpha dimana pengujian ini menggunakan white box dan black box yang bertujuan untuk memenuhi fungsionalitas perangkat lunak dan pengujian beta yaitu pengujian lapangan dengan memberikan kuesioner kepada siswa SMA kelas XII. Setelah dilakukan pengujian alpha dan beta, maka dapat diambil kesimpulan bahwa secara fungsional sistem sudah dapat menghasilkan hasil yang diharapkan, dengan tampilan yang lebih menarik dan didalamnya terdapat pengetahuan tentang sejarah medan area yang dapat dijadikan media pembelajaran untuk anak SMA kelas XII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game, Edukasi, Pendidikan sejarah, Medan Area, Algoritma A*(AStar), Logika Fuzy
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26336

Actions (login required)

View Item View Item