Analisis penguatan ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH) di Kecamatan Antapani : (studi kasus Kecamatan Antapani Kota Bandung)

E E Dura, Christian (2014) Analisis penguatan ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH) di Kecamatan Antapani : (studi kasus Kecamatan Antapani Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ruang Terbuka Hijau (RTH) kota merupakan kerangka struktur pembentuk kota. Tipologi RTH di Kota Bandung berdasarkan kepemilikannya terbagi menjadi RTH publik dan RTH Privat. Kecamatan Antapani merupakan bagian dari SWK (Sub Wilayah Kecamatan) Arcamanik, dengan luas RTH Publik berupa taman dan jalur hijau sebesar 80,19 Ha. Untuk mencapai RTH Kota Bandung 30% Kecamatan Antapani harus berkontribusi dalam penyediaan RTH sebesar 1.14% yaitu untuk RTH Publik sebesar 0,76% dan RTH Privat sebesar 0,38%,(Master Plan RTH Kota Bandung 2012-2032). Dalam penelitian ini akan mengkaji mengenai, potensi dan masalah RTH (publik dan privat), mengkaji kebutuhan luas dan sebaran RTH, mengkaji persepsi dan Preferensi tentang ketersediaan RTH Publik berdasarkan jenis dan fasilitas RTH, dan mengkaji pula mengenai kesediaan masyarakat dalam penguatan RTH privat di Kecamatan Antapani. Metode analisis yang digunakan dalam studi ini adalah metode analisis deskriptif dan Importance Performance Analysis yang terdiri dari dua komponen yaitu analisis kuadran dan analisis kesenjangan (gap). Hasil dari studi ini menunjukan bahwa kebutuhan RTH berdasarkan jumlah penduduk di Kecamatan Antapani masih kurang 8.37 Ha. Berdasarkan hasil penilaian masyarakat terhadap jenis RTH, yang menjadi prioritas utama adalah Jenis RTH taman RT, Taman RW dan Taman Kelurahan, dengan fasilitas penunjang masing-masing jenis RTH. Kesediaan masyarakat dalam menyediakan RTH Privat berupa taman pekarangan dengan jenis vegetasi adalah tanaman hias dan produktif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penguatan Ketersediaan RTH, RTH publik, RTH privat.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26341

Actions (login required)

View Item View Item