Implementasi kebijakan peraturan daerah Provinsi Jawa Barat No.1 Tahun 2008 tentang Pengendalian Pemanfaatan Ruang Kawasan Bandung Utara

Violeta, Regina (2014) Implementasi kebijakan peraturan daerah Provinsi Jawa Barat No.1 Tahun 2008 tentang Pengendalian Pemanfaatan Ruang Kawasan Bandung Utara.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perda Jabar No. 1/2008 merupakan suatu peraturan yang mengatur proses pengendalian pemanfaatan ruang KBU. Perda KBU mempunyai tujuan untuk mengembalikan kondisi fungsi hidroologis di KBU yang sudah mencapai kondisi kritis dan sangat kritis. KBU meliputi10 (sepuluh) Kecamatan di Kota Bandung, 2 (dua) Kecamatan di Kota Cimahi, 6 (enam) Kecamatan di Kabupaten Bandung Barat dan3 (tiga) Kecamatan di Kabupaten Bandung. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah terdapatnya alih fungsi bangunan yang tidak sesuai dengan isi Perda KBU. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan dari Edward III. Edward III mengatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan terdiri dari komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive.Berdasarkan hasil penelitian, bahwa kendala-kendala yang menyebabkan belum berjalannya implementasi kebijakan Perda Jabar No. 1/2008 denganefektifadalah komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Komunikasi dari aparatur kepada masyarakat mengenai tata cara dan prosedur pemanfaatan ruang KBU belum disampaikan secara jelas. Sumber daya aparatur baik secara kualitas maupun kuantitas masih belum memadai seperti kurangnya jumlah aparatur dan sarana serta prasarana dalam proses pemanfaatan ruang KBU. Disposisi berupa insentif belum tersedia bagi aparatur maupun masyarakat yang mendukung jalannya perda KBU. Struktur birokrasi yang mendukung dalam proses pemanfaatan ruang KBU sudah berajalan sesuai dengan SOP yang berlaku.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ImplementasiKebijakan, PengendalianPemanfaatanRuang KBU
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26351

Actions (login required)

View Item View Item