Kontribusi kualitas website SMA Negeri 6 Bandung terhadap kepuasan user dengan menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP)

Aswel Putra, Sata (2014) Kontribusi kualitas website SMA Negeri 6 Bandung terhadap kepuasan user dengan menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pada penelitian ini, terdapat beberapa permasalahan yang berhasil diidentifikasi, yaitu: (1) Terdapat content website yang tidak update sehingga belum dapat memenuhi kebutuhan user; (2) Terkadang website error saat diakses; (3) Respon halaman web yang lama; (4) Tampilan website membosankan/desain website tidak menarik; (5) Fitur website kurang memudahkan pengguna saat menggunakan situs. Ada pun alasan yang melatarbelakangi penelitian ini, dikarenakan terdapat upaya SMA Negeri 6 Bandung untuk menciptakan website sekolah yang representatif. Akan tetapi, pada website tersebut masih ditemukan berbagai permasalahan, kendala, dan ketidakpuasan user pada website tersebut. Namun temuan-temuan yang ada masih belum dapat mengungkap fenomena dan berbagai gejala yang terjadi secara komprehensif. Oleh karena itu, sebuah penelitian untuk menemukan gambaran yang utuh, gejala-gejala yang memang benar-benar terjadi, dan kesimpulan-kesimpulan yang logis, memang sangat dibutuhkan.Penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling acak sederhana/simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa metode observasi dan kuesioner yang disebarkan secara langsung oleh peneliti. Kuesioner pada penelitian ini berupa kuesioner skala likert dengan 5 pilihan skala.Berdasarkan hasil penelitian, ternyata tanggapan user terhadap kualitas website SMA Negeri 6 Bandung dapat dikategorikan cukup baik. Ini terlihat dari 41,9% responden setuju terhadap seluruh pernyataan di kuesioner penelitian, serta adanya perhitungan % skor aktual dari tanggapan responden yang sebesar 63,18%. Akan tetapi, user masih merasa belum puas terhadap implementasi kualitas website tersebut. Ini terbukti dari rata-rata tingkat kepuasan user terhadap implementasi kualitas website secara keseluruhan, yang hanya sebesar 0,727. Ketidakpuasan ini bisa jadi dipengaruhi oleh berbagai permasalahan yang memang nyata keberadaannya dan dirasakan oleh user. Hal lain yang juga tak kalah penting, ternyata kualitas website SMA Negeri 6 Bandung berkontribusi terhadap kepuasan user. Besaran kontribusi kualitas website tersebut terhadap kepuasan user adalah sebesar 32,6%. Sisanya 67,4%, yang juga berkontribusi terhadap kepuasan user, merupakan faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kualitas website, kepuasan user, SMA Negeri 6 Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26367

Actions (login required)

View Item View Item