Sistem informasi transaksi simpan pinjam dan pencatatan data anggota, koerpasi serba usaha di binaan mental daerah militer(Bintaldam)III Siliwangi Bandung

Sugiyanto, (2014) Sistem informasi transaksi simpan pinjam dan pencatatan data anggota, koerpasi serba usaha di binaan mental daerah militer(Bintaldam)III Siliwangi Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Koperasi serba usaha BINTALDAM(Binaan Mental Daerah Militer) III Siliwangi bandung adalah koperasi yang bertujuan mensejahterakan para anggota pegwai negeri di BINTALDAM III Siliwangi Bandung. Di koperasi BINTALDAM III terdapat berbagai transaksi yaitu : simpanan dan peminjaman modal bagi anggota, penjualan, penitipan barang dari para anggota. Namun sampai saat ini pencatatan transaksi yang masih menggunakan media pembukuan. Seperti Microsoft exel dan dengan dokumentasi tertulis, dan arsip surat perijinan peminjaman yang masih sering hilang atau terselip menjadikan permasalahan yang sangat menghawatirkan.Berdasarkan masalah tersebut diperlukan sebuah sistem pencatatan pengolahan transaksi dan penyediaan laporan yang menjadi arsip yang lebih efisien dan efektif. Peranan sebuah aplikasi (software) yang akan menggantikan sistem yang manual ke dalam sistem yang baru akan lebih memudahkan pencatatan anggota,transaksi simpan, peminjaman dan data-data perijinan peminjaman akan semakin terorganisasi dan terintegrasi.Metode penelitian yang digunakan adalah metode prototype dan ini sekaligus menjadi metode pengembangan sistem, apabila pada tahap yang sedang berjalan terdapat kekurangan pada tahap sebelumnya dapat dilakukan penambahan atau perbaikan langsung tanpa harus menyelesaikan tahap akhir terlebih dahulu. Metode pendekatan sistem informasi yang digunakan adalah analisis berorientasi objek dengan menggunakan UML dan menggunakan diagram use case, aktivitas, sekuen, deployment, kolaborasi dan kelas. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat membantu pihak koperasi dalam proses pengolahan data pendaftaran anggota, simpan pinjam danangsuran yang lebih praktis baik dalam penyimpanan data maupun dalam pengolahan datanya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Simpan,Pinjam,Koperasi,Prototype.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26390

Actions (login required)

View Item View Item