Tinjauan atas penagihan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak badan hukum pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas

Ratanasari, Desi (2014) Tinjauan atas penagihan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak badan hukum pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cicadas. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pajak merupakan sumber penerimaan negara yang digunakan untuk belanja pemerintahan. Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban kenegaraan dan peran serta wajib pajak untuk secara langsung, dan bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Penerimaan pajak dapat ditingkatkan jika wajib pajak memliki kepatuhan dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Penelitian ini dilakukan pada KPP Pratama Bandung Cicadas. Fenomena yang terjadi adalah Tindakan penagihan belum dilaksanakan dengan baik dan belum mempunyai kekuatan hukum yang memaksa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penagihan pajak dan mengetahui kekuatan hukum terhadap penagihan pajak.Pemerintah telah berusaha untuk meningkatkan penerimaan perpajakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara studi lapangan yang meliputi observasi lapangan, serta dokumentasi dengan cara studikeputastakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penagihan pajak di KPP Pratama Bandung Cicadas sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Kendala-kendala yang mempengaruhi penagihan pajak adalah rendahnya kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak sehingga tersumbatnya penerimaan negara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penagihan Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, dan Hukum Pajak
Subjects: D3 Tugas Akhir > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26398

Actions (login required)

View Item View Item