Implementasi laporan keuangan sesuai SAK ETAP(Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik) pada CV.Sapta Putra Mekar

Hapsari, Mia (2014) Implementasi laporan keuangan sesuai SAK ETAP(Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik) pada CV.Sapta Putra Mekar.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada CV. SAPTA PUTRA MEKAR yang bergerak dibidang perdagangan serta percetakan. Adanya fenomena yang terjadi adalah proses siklus akuntansi tidak melakukan pencatatan jurnal serta pengelompokan terhadap akun-akun yang ada dan Perusahaan melakukan pencatatan keuangan belum sesuai dengan standar akuntansi yang ada.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui siklus akuntansi pada CV. SPM dan untuk mengetahui penyusunan laporan keuangan sesuai SAK-ETAP pada CV. SPM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan penelitian ini yaitu dengan studi lapangan yang dilakukan dengan cara observasi lapangan langsung,wawancara,dokumentasi,dan studi kepustakaan.Hasil penelitian menunjukan bahwa Pada proses pelaksanaan siklus yang ada CV. SPM tidak melakukan pencatatan atas pencatatan transaksi dalam buku jurnal (Journal entry) dan pencatatn ayat jurnal ke buku besar (posting ledger). Selain itu, CV. SPM juga tidak melakkukan pengelompokan terhadap akun-akun yang ada serta. Jadi CV. SPM hanya melakukan tahap pengikhtisaran yaitu nerca saldo serta pelaporan. Dan Pada pelaksanaan penyusunan laporan keuangan yang dibuat tahun 2012 CV. SPM belum sesuai karena CV. SPM hanya membuat laporan keuangan yaitu,laporan laba/rugi. Akan tetapi pada proses penyusunan laporan laba rugi perusahaan tidak memasukkan Harga Pokok Penjualan(HPP).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Laporan Keuangan, SAK-ETAP
Subjects: D3 Tugas Akhir > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26409

Actions (login required)

View Item View Item