Tinjauan atas sistem akuntansi pengeluaran kas pada Badan Pengelolaan LIngkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jawa Barat

Kristin, Yeni (2014) Tinjauan atas sistem akuntansi pengeluaran kas pada Badan Pengelolaan LIngkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jawa Barat.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penyelenggaraan pemerintahan di ajukan untuk mengkoordinasikan pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara dalam suatu sistem pengelolaan negara, termasuk di dalamnya mengenai pengelolaan keuangan negara. Pengelolaan keuangan negara perlu dilaksanakan secara profesional, terbuka, dan bertanggung jawab sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, baik keuangan pusat dan keuangan daerah. Penelitian ini dilakukan pada Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jawa Barat. Penelitian dilakukan dengan mengambil data yang digunakan untuk penelitian diantaranya mengenai sistem akuntansi pengeluaran kas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sistem dan prosedur akuntansi pengeluaran kas pada BPLHD Provinsi Jawa Barat sudah sesuai dengan aturan. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif, penelitian ini bermaksud untuk membuat gambaran tentang situasi atau kejadian serta membandingkan sistem dan prosedur akuntansi pengeluaran kas pada BPLHD Provinsi Jawa Barat dengan peraturan yang telah ditetapkan.Kesimpulan dari penelitian penerapan sistem dan prosedur pengeluaran kas di BPLHD Provinsi Jawa Barat sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. Dalam pelaksanaan pengeluaran kas telah didukung dengan dokumen terkait yaitu Salinan Surat Penyediaan Dana (SPD), Surat Permintaan Pembayaran (SPP), Surat Perintah Membayar (SPM), Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), dan Surat Pertanggungjawaban(SPJ) disertai dengan dokumen transaksi untuk melengkapi prosedur pengeluaran kas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sistem, akuntansi, pengeluaran kas
Subjects: D3 Tugas Akhir > Akuntansi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26426

Actions (login required)

View Item View Item