Strategi peningkatan penjualan produk sepatu menggunakan metode SWOT di PT.Primarindo Putra Perkasa Bandung

Umaroh, Inayati (2014) Strategi peningkatan penjualan produk sepatu menggunakan metode SWOT di PT.Primarindo Putra Perkasa Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Strategi pemasaran sebagai alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. PT. Primarindo Putra Perkasa Bandung merupakan perusahaan yang membuat sepatu wanita, merk yang digunakan perusahaan yaitu collete. Jenis dari sepatu yang dibuat terdiri dari higheels, flat sandals, ballerina shoes, lathering flat sandals, wedges. Penelitian ini diambil karena terdapat peningkatan dan penurunan penjualan yang signifikan terutama pada bulan Agustus yang terjadi peningkatan drastic sampai 100%, sedangkan pada bulan berikutnya yaitu bulan September terjadi penurunan drastis. Peningkatan dan penurunan harga yang drastis membuat peneliti tertarik untuk mengambil penelitian yang bersangkutan mengenai penjualan dan menganalisis mengenai strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan di PT. Primarindo Putra Perkasa Bandung dengan pendekatan 4P (Product, Price, Place, and Promotion) dan menganalisa dengan menggunakan analisis SWOT.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui hasil dari strategi pemasaran yang telah dan sedang diterapkan, mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam melakukan pemasaran, menetapan perbaikan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan usulan penggunaan website sebagai sarana informasi penjualan sepatu di PT. Primarindo Putra Perkasa Bandung. Metode yang digunakkan dalam penelitian ini adalah deskripsi dengan menggunakan studi kasus pada obyek penelitian yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik analisa SWOT (strength, Weakness, Opportunity, Threat).Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) strategi pemasaran yang dilakukan PT. Primarindo Putra Perkasa Bandung, dengan tetap menggunakan strategi lama dan tidak mengikuti perkembangan zaman. (2) mengetahui kelemahan dan kelebihan perusahaan dari hasil wawancara dan studi kasus pada obyek penelitian yang dikaji dengan analisis SWOT (3) Penetapan perbaikan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi perusahaan. (4) Penggunaan website sebagai saran informasi penjualan sepatu di PT. Primarindo Putra Perkasa Bandung.Kesimpulan penelitian di PT. Primarindo Putra Perkasa Bandung adalah hasil analisis SWOT yang dilakukan dengan observasi setelah data yang menjadi skor tertinggi dan harus dijadikan fokus strategi diperusahaan adalah kekuatan finansial dengan skor 3,6, pengalaman bisnis dan image nama dengan skor 3,2, kemudian pelayanan dan perkembangan teknologi informasi dengan skor 3. Untuk teknologi informasi dapat memunculkan website yang berguna sebagai sarana informasi penjualan sepatu di PT. Primarindo Putra Perkasa Bandung. Untuk saran perusahaan dengan perkembangan teknologi saat ini dapat juga menggunakan berbagai media lain seperti iklan di televisi, dan menggunakan jejaring sosial seperti BBM (blackberry massanger), Line, twitter, serta facebook dalam memperkenalkan setiap desain dan model terbaru sepatu yang akan dipasarkan. Sehingga konsumen dengan mudah mengetahui berita terbaru mengenai produk sepatu dan perusahaan dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen melalui media yang disediakan. Konsumen dapat berkomentar dan memberi saran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi, SWOT, 4P
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26438

Actions (login required)

View Item View Item