Sistem informasi permohonan izin air bawah tanah di Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Pertambangan (PSDA&P) Kabupaten Cianjur

Bastrian, Rifa (2014) Sistem informasi permohonan izin air bawah tanah di Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Pertambangan (PSDA&P) Kabupaten Cianjur.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Dan Pertambangan (PSDA&P) merupakan salah satu instansi pemerintah yang bergerak dalam bidang pengelolaan sumber daya air termasuk di dalamnya pertambangan. Dalam proses pengelolaan datanya, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Dan Pertambangan (PSDA&P) belum terkomputerisasi dan belum terintegrasi dengan baik sehingga masih memiliki banyak kekurangan dalam menangani masalah permohonan izin air bawah tanah. Oleh karena itu membutuhkan suatu sistem informasi yang dapat menunjang aktivitas kerja. Salah satunya dengan adanya sistem informasi permohonan izin air bawah tanah.Metode pendekatan sistem yang digunakan yaitu metode berorientasi objek atau object oriented yang menggunakan beberapa alat bantu analisa dan perancangan diantaranya Diagram Use Case, Diagram Activity, Diagram Squential, Diagram Class, Diagram Component dan Diagram Deployment. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode Prototype. Dimana model Prototype merupakan urutan aktivitas yang dilakukan dalam pengembangan sistem mulai dari pengumpulan kebutuhan, membangun prototyping, evaluasi prototyping, mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi system dan menggunakan sistem. Model ini menawarkan cara pembuatan perangkat lunak secara lebih nyata.Dengan diterapkannya sistem informasi permohonan izin air bawah tanah di Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Dan Pertambangan (PSDA&P) Kabupaten Cianjur diharapkan dapat mempermudah dalam mengelola data, tanpa harus terjadi kekeliruan data dan kesalahan dalam mengelola data tersebut. Sehingga instansi tersebut dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara maksimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Permohonan Izin Air Bawah Tanah, Prototype.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26490

Actions (login required)

View Item View Item