Aplikasi latihan soal pengenalan aritmatika dasar untuk anak TK dan SD kelas 1 berbasis web : (studi kasus di Bimbingan Belajar Rumah belajar Linda Bandung)

Ramadhan, Fajar (2014) Aplikasi latihan soal pengenalan aritmatika dasar untuk anak TK dan SD kelas 1 berbasis web : (studi kasus di Bimbingan Belajar Rumah belajar Linda Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pelajaran matematika sampai sekarang masih menjadi momok yang menakutkan bagi anak. Aritmatika adalah cabang matematika yang mempelajari operasi dasar bilangan seperti seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Penguasaan aritmatika menjadi sangat penting untuk menguasai cabang matematika lainnya sehingga harus diajarkan sejak dini. Rumah belajar linda adalah bimbingan belajar matematika dasar untuk anak tk dan sd kelas 1. Media yang digunakan adalah soal-soal latihan (worksheet) dengan gambar dan warna yang dapat merangsang anak untuk menggunakan otak kiri dan otak kanannya secara bersamaan sehingga menumbuhkan minatnya terhadap materi pelajaran. Saat ini penerapan teknologi internet dan web 2.0 untuk pembelajaran berbasis latihan online (online practice) sudah banyak digunakan oleh banyak situs luar negeri untuk kepentingan pendidikan dan juga bisnis edukasi online. Pemilik rumah belajar linda berkeinginan untuk mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan soal-soal latihan yang digunakan di rumah belajar linda secara online. Dari permasalahan tersebut maka penulis berkeinginan untuk membangun sebuah aplikasi latihan soal pengenalan aritmatika dasar untuk anak tk dan kelas 1 sd berbasis web.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan terstruktur dan metode pengembangan sistem prototype. Alat bantu yang digunakan untuk merancang sistem adalah diagram konteks, DFD (Data Flow Diagram), dan perancangan basis data. Perangkat lunak yang dipakai untuk implementasi rancangan adalah PHP sebagai bahasa pemrograman, menggunakan database MySQL, dan XAMPP sebagai web server.Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi dan fitur dari aplikasi website ini sudah berjalan dengan baik dan diharapkan bisa membantu anak untuk dapat belajar aritmatika dasar dengan mudah dan menyenangkan melalui website, membantu orangtua untuk mengetahui perkembangan latihan anak secara online, dan diharapkan bisa menjadi alat bagi rumah belajar linda untuk pengembangan bisnis di bidang edukasi online.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: latihan soal online, aritmatika dasar, terstruktur, prototype
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26509

Actions (login required)

View Item View Item