Perilaku galian pada tanah lunak dengan perkuatan sheet pile pada kondisi drained dan undrained ditinjau dari berbagai permodelan tanah

Herdiyan Kurniawan, Cepi (2014) Perilaku galian pada tanah lunak dengan perkuatan sheet pile pada kondisi drained dan undrained ditinjau dari berbagai permodelan tanah.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Konstruksi galian merupakan suatu lereng yang dibuat untuk menjangkau kedalaman tertentu pada tanah. Untuk mempertahankan posisi vertikalnya galian harus diperkuat oleh struktur penahan tanah salah satunya adalah sheet pile. Kasus keruntuhan konstruksi galian dengan perkuatan sheet pile seringkali terjadi pada kasus galian tanah lunak. Hal ini berkaitan dengan sifat tanah lunak yaitu memiliki kompresibilitas tinggi dan daya dukung yang rendah. Penelitian dilakukan untuk mempelajari perilaku galian tanah lunak menggunakan perkuatan sheet pile dengan melakukan analisis pada kondisi drained dan undrained dengan meninjau berbagai pemodelan tanah seperti Mohr-Coulomb, Soft Soil dan Hardening Soil pada program komputer Plaxis dan Stawal. Hasil akhir yang akan didapat adalah pada simulasi 1, pemodelan tanah Mohr-Coulomb dengan metode A, B, C, metode A dan B menghasilkan deformasi horizontal, bending momen dan penurunan tanah belakang galian yang paling besar dari pada metode C. Pada simulasi 2, pemodelan tanah Mohr-Coulomb metode B, C dan Soft Soil dengan kondisi tegangan total, hasil analisis menunjukan bahwa deformasi horizontal Mohr-Coulomb metode B lebih besar dari pada Soft Soil dan Mohr-Coulomb metode C, bending momen Soft Soil lebih besar dari pada Mohr-Coulomb metode B dan C, sedangkan penuruan belakang galian model Mohr-Coulomb metode B lebih besar. Dan untuk simulasi 3, pada pemodelan tanah Mohr-Coulomb, Soft Soil dan Hardening Soil kondisi tegangan efektif menunjukan bahwa deformasi horizontal, bending momen dan penurunan tanah belakang galian model Hardening Soil paling besar dibandingkan model Mohr-Coulomb dan Soft Soil pada kondisi tegangan efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Galian, tanah lunak, sheet pile, drained, undrained, deformasi horizontal, bending momen, penurunan tanah, Mohr-Coulomb, Soft Soil, Hardening Soil, Stawal, Plaxis.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26528

Actions (login required)

View Item View Item