Kerjasama Indonesia-Inggris dalam meingkatkan kemampuan Bahasa Inggris Pasukan Perdamaian Indonesia untuk PBB melalui program peacekeeping englisn project (PEP)

Rizki Setiadi, Hario (2014) Kerjasama Indonesia-Inggris dalam meingkatkan kemampuan Bahasa Inggris Pasukan Perdamaian Indonesia untuk PBB melalui program peacekeeping englisn project (PEP). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Keterlibatan Indonesia dalam peran aktifnya menjaga perdamaian dunia telah dilegitimasi oleh Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 Alinea Keempat yang berisi tentang kewajiban negara Indonesia dalam menjaga ketertiban dunia dan berkontribusi dalam usaha menjaga perdamaian yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Indonesia memperkuat komitmennya terhadap PBB dengan meningkatkan kontribusinya terhadap misi penjaga perdamaian. Salah satu hal yang dilakukan Indonesia adalah dengan melakukan kerjasama dengan Kementrian Pertahanan Negara Inggris dan British Council lewat program Peacekeeping English Project (PEP).Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, Metode penelitian yang digunakan adalah teknik analisa deskriptif. Sebagian besar data dikumpulkan melalui studi pustaka, penelusuran website, dan wawancara. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pendekatan teori yang berhubungan dengan Hubungan Internasional.Penelitian ini menggunakan teori kerjamasama bilateral dimana terdapat suatu kerjasama antara dua negara dalam bidang-bidang tertentu, misalnya dalam kasus ini adalah Indonesia dan Inggris dalam bidang kebahasaan. Teori ini dapat didukung dengan teori lain seperti Hubungan Internasional, Kerjasama Internasional, Politik Luar Negeri, Kerjasama Pertahanan dalam Hubungan Internasional.Hasil penelitian menunjukkan bahwa negara Inggris lewat Kementrian Pertahanan Inggris dan British Council dan Indonesia diwakili Pusat Misi Penjaga Perdamaian (PMPP) adalah sebagai pemberi dana dan dan penyedia fasilitas dari program PEP dimana tujuan utama dari Program PEP ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris pasukan perdamaian Indonesia untuk PBB yang nantinya diharapakan dapat meningkatkan kerjasama (interoperability) dengan tentara perdamaian dari negara lain dalam misi perdamaian PBB, sebagai salah satu faktor penunjang dari keefektivitasan operasi perdamaian dan mendukung pembangunan suatu pusat pelatihan untuk para tentara perdamaian PBB (center of excellence).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bahasa Inggris, Pasukan Perdamaian PBB, Peacekeeping English Project
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26529

Actions (login required)

View Item View Item