Kerjasama Indonesia-Afrika Selatan melaui joint trade committe (JTC) dalam meningkatkan perekenomian Indoensia di sektor non migas 2010-2012

Fauzan Annas, Reza (2014) Kerjasama Indonesia-Afrika Selatan melaui joint trade committe (JTC) dalam meningkatkan perekenomian Indoensia di sektor non migas 2010-2012. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sejauh mana Kerjasama Indonesia-Afrika Selatan Melalui Joint Trade Committee (JTC) dalam peningkatan perekonomian Indonesia di Sektor Non Migas pada tahun 2010-2012. Sehingga peneliti mencoba untuk menganalisis dari tujuan, kendala, kondisi sebelum, kondisi sesudah dan prospek kedepan.Metode penelitian adalah kualitatif, dan Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Sebagian besar data dikumpulkan dari hasil wawancara dan literatur serta didukung oleh studi pustaka dan penelusuran website. Penelitian dilakukan di Kadin Jabar, GINSI Jabar, serta Kementrian Perdagangan di Jakarta Pusat. Hasil penelitian menunjukan adanya kenaikan volume dan total nilai perdagangan Indonesia ke Afrika Selatan yang cukup kontinu dan signifikan , neraca perdagangan yang meningkat sehingga menambah devisa negara dan peningkatan perekomian Indonesia meskipun tidak banyak dari produk ekspor non migas dalam kurun waktu 2010-2012 dan setiap tahun terus meningkat, meskipun banyak kendala yang harus dibenahi. Hasil kesimpulan menunjukan bahwa JTC ini mempunyai peran yang penting dalam penguatan hubungan bilateral perdagangan kedua negara dalam sektor non migas dan dalam kurun waktu 2010-2012 cukup memberikan nilai positif bagi perekomian Indonesia. Saran dari penelitian ini bahwa dengan Kerjasama Joint Trade Committee (JTC) ini sudah menunjukan kenaikan neraca perdagangan Indonesia terhadap Afrika Selatan sehingga kemudian kedepannya bisa dibentuk level yang lebih rendah semacan Preferential Trade Agreement (PTA).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Joint Trade Committee , non migas, Ekspor-Impor, Perdagangan Bilateral
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26535

Actions (login required)

View Item View Item