Peranan united nation high commissioner for refugees (UNHCR) dalam menangani masalah pengungsi dan pencari suaka di Indonesia 2008-2011

Julius Budi Hartono, Hegar (2014) Peranan united nation high commissioner for refugees (UNHCR) dalam menangani masalah pengungsi dan pencari suaka di Indonesia 2008-2011.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penanganan pengungsi diatur dalam Konvensi 1951 dan Protokol 1967. Namun Indonesia sampai dengan saat ini, belum meratifikasi keduanya. Dengan demikian pemerintah Indonesia memberikan wewenang kepada UNHCR untuk menjalankan aktivitas mandatnya di Indonesia untuk melindungi dan untuk mengatasi permasalahan pengungsi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan serta program yang dijalankan UNHCR dalam menangani permasalahan pengungsi dan pencari suaka di Indonesia pada tahun 2008-2011. Peneliti mencoba untuk menganalisis dengan pendekatan-pendekatan Hubungan Internasional, Kerjasama Internasional, Organisasi Internasional dan pendekatan HAM dan Hukum Internasional terkait peranan UNHCR dalam menjalankan mandatnya dalam memberikan perlindungan internasional terhadap para pengungsi dan pencari suaka di Indonesia.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis, dengan jenis penelitian kualitatif, yang didukung oleh teknik pengumpulan data. Sebagian besar data dikumpulkan melalui studi pustaka, penelusuran website, dan wawancara. dimana dengan menggunakan metode ini dapat menggambarkan bagaimana sebuah proses kerjasama internasional serta peranan dari organisasi internasional (UNHCR) menjalankan mandatnya memberikan perlindungan internasional dan mencarikan solusi jangka panjang bagi para pengungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan yang dilakukan oleh UNHCR dalam menangani pengungsi dan pencari suaka di Indonesia berperan sebagai inisiator fasilitator, dan determinan. UNHCR juga mencarikan solusi jangka panjang untuk para pengungsi yaitu dengan repatriasi sukarela, integrasi lokal, dan memukimkan para pengungsi di negara ketiga (resettlement).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Organisasi Internasional, UNHCR, Pengungsi, Pencari Suaka
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26542

Actions (login required)

View Item View Item