Kerjasama ASEAN-China melalui ASEAN-China cooperative response to dangerous drugs (ACCORD) dalam menanggulangi perdagangan di Segitiga Emas

Dian Maya Puspitasari, Beatrice (2014) Kerjasama ASEAN-China melalui ASEAN-China cooperative response to dangerous drugs (ACCORD) dalam menanggulangi perdagangan di Segitiga Emas.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari program yang dibuat ACCORD dalam menanggulangi perdagangan narkotika di Myanmar, Thailand dan Laos, dan apa saja dampak yang ditimbulkan dari kerjasama antara ASEAN dan China dalam menanggulangi perdagangan narkotika di Myanmar, Thailand dan Laos, serta untuk mengetahui bagaimana implementasi dari kampanye Drug Free ASEAN 2015.Tipe penelitian adalah kualitatif, Metode penelitian yang digunakan adalah teknik analisa deskriptif. Sebagian besar data dikumpulkan melalui studi pustaka, penelusuran website, dan wawancara. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pendekatan teori yang berhubungan dengan Organisasi Internasional, Hukum Internasional serta Efektivitas Organisasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Plan of Action ACCORD diterapkan pada tiga kunci utama.Pertama,perdagangan dan penyalahgunaan narkotika yang menghantui semua negara ASEAN. Kedua, korelasi yang telah ada antara beberapa anggota ASEAN dan China. Ketiga, integrasi dibagian depan sosial, sebagai komponen dari proses integrasi ASEAN yang telah dimasukkan kedalam agenda organisasi regional, dan Drug Free ASEAN 2015 sebagai pencapaian integritas sosial dalam ASEAN.Kesimpulan, penelitian menunjukkan bahwa isu perdagangan narkotika saat ini telah menjadi persoalan keamanan internasional. Hal ini terbukti dengan dibentknya United Nation Of Drugs and Crime (UNODC). United Nation Of Drugs and Crime (UNODC) merupakan badan PBB yang dibentuk khusus untuk penanggulangan permasalahan narkoba di dunia. Dalam menghadapi serta menanggulangi permasalahan perdagangan narkotika di kawasan Asia Tenggara diperlukan kerjasama regional serta proses sekuritisasi agar orientasi dari produk kerjasama tersebut mengarah pada efektivitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Organisasi Internasional, ACCORD, ASEAN, CHINA, Hukum Internasional, Perdagangan Narkotika
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26544

Actions (login required)

View Item View Item