Pemodelan arsitektur sistem informasi sekolah menggunakan metode enterprise architecture planning : (studi kasus Pribadi Bilingual Boarding School Bandung)

Arikan, Kubra (2014) Pemodelan arsitektur sistem informasi sekolah menggunakan metode enterprise architecture planning : (studi kasus Pribadi Bilingual Boarding School Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Teknologi informasi merupakan salah satu media komunikasi yang sangat strategis untuk mendukung perkembangan bisnis pada suatu organisasi. Dengan adanya persaingan yang semakin terbuka, maka para pelaku bisnis terus berusaha untuk meningkatkan penmanfaatan teknologi informasi pada dunia usaha yang sedang dijalaninnya. Saat ini pemanfaatan teknologi informasi telah menembus ke berbagai bidang kehidupan di masyarakat, sehingga setiap aktivitas bisnis di masyarakat seakan tidak bisa berjalan jika tidak diserta oleh pemanfaatan oleh teknologi informasi. Dalam menerapan teknologi informasi tedapat empat bagian yang saling berhubungan, yaitu: Perangkat Keras Komputer, Perangkat Lunak Komputer, Teknologi Manajemen Data dan Teknologi Telekomunikasi & Jaringan.Proses pemodelan arsitektur sistem informasi merupakan salah satu upaya dari organisasi bisnis agar tetap eksis dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya, dimana arsitektur informasi tersebut merupakan sumber daya dari organisasi yang mampu menjamin agar sistem informasi dan teknologi informasi bisa berjalan sesuai dengan tujuan.Salah satu metode yang digunakan untuk memodelkan arsitektur sistem informasi adalah EAP (Enterprise Architecture Planning), dimana metode ini merupakan metode yang digunakan untuk pendekatan perencanaan kualitas data dengan melihat pada kebutuhan bisnis dari organisasi. Didalam EAP akan diuraikan tentang arsitektur data, arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi serta teknik implementasi dari arsitektur tersebut. Tempat penelitian yang dijadikan sebagai studi kasus adalah Pribadi Bilingual Boarding School Bandung. Ruang lingkup pembahasan melingkupi penerimaan siswa baru, proses akademik dan kelulusan siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Enterprise Architecture Planning, Arsitektur Data, Arsitektur Aplikasi, Arsitektur Teknologi, Sistem Informasi
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26560

Actions (login required)

View Item View Item