Perancangan arsitektur manajemen master data : (studi kasus PT.Jayamandiri Gemasejati)

Muhammad Indra Purnama, Asep (2014) Perancangan arsitektur manajemen master data : (studi kasus PT.Jayamandiri Gemasejati).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Jayamandiri Gemasejati merupakan dealer resmi Yamaha memiliki core bisnis penjualan retail kendaraan bermotor, layanan service kendaraan bermotor dan penjualan spare part menggunakan teknologi informasi dalam mengelola kegiatan operasional dan kegiatan bisnisnya. Permasalahan timbul dalam penerapan teknologi informasi dimana belum adanya integrasi antara aplikasi yang ada dalam hal master data, arsitektur teknologi saat ini belum memungkinkan untuk menerapkan integrasi antar aplikasi dan data master antar aplikasi. Tidak adanya integrasi data master menyebabkan setiap aplikasi memiliki data master dengan atribut dan aturan tersendiri.Berdasarkan permasalahan yang timbul diperlukannya pengelolaan Master Data merupakan kombinasi dari aplikasi dan teknologi yang mengkonsolidasikan, membersihkan, menambahkan master data perusahaan, dan melakukan proses sinkronisasi master data dengan semua aplikasi, proses bisnis, dan analytical tools. Pengelolaan Master Data dilakukan ketika kebutuhan akan integrasi aplikasi dalam komunikasi master data antar aplikasi sudah menjadi kebutuhan utama dalam pengelolaan sistem informasi perusahaan. Demikian pula dengan PT. Jayamandiri Gemasejati membutuhkan pengelolaan Master Data dalam mengintegrasikan aplikasi dan master data perusahaan untuk aplikasi operasional, aplikasi sales, aplikasi service & spare parts serta aplikasi absensi.Sebagai langkah awal dalam pengelolaan Master Data Perusahaan diperlukannya suatu Arsitektur Manajemen Master Data yang dirancang untuk memberikan solusi dari segi arsitektur aplikasi serta arsitektur data untuk PT. Jayamandiri Gemasejati dengan pendekatan Master Data Management untuk arsitektur aplikasi serta pendekatan bisnis proses dan bisnis rule untuk arsitektur data. Arsitektur Aplikasi yang dihasilkan menggambarkan integrasi antara Master Data Management beserta master data utama yang terhubung ke aplikasi-aplikasi existing beserta master data masing-masing aplikasi melalui perantara komunikasi application adapter. edangkan arsitektur data yang dihasilkan menggambarkan sekumpulan master data perusahaan yang mencakup seluruh master data dari aplikasi existing yang terhubung ke dalam Master Data Management. Terdapat beberapa tools yang digunakan dalam pemodelan arsitektur aplikasi dan proses bisnis antara lain Unified Modeling Language (UML), Bizagi Process Modeler dan ArgoUML. Dalam penelitian perancangan Arsitektur Manajemen Master Data menghasilkan dua model. Model yang pertama arsitektur aplikasi manajemen master data dan model kedua adalah pemodelan master data yang mencakup dan memenuhi kebutuhan aplikasi existing.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Master Data Management, Arsitektur Master Data Management, Enterprise, Arsitektur Aplikasi, Arsitektur Data.
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26561

Actions (login required)

View Item View Item