Model sistem pendukung keputusan dalam penentuan mata kuliah pilihan di Jurusan Teknik Informati UNIKOM

Dharmayanti, Dian (2014) Model sistem pendukung keputusan dalam penentuan mata kuliah pilihan di Jurusan Teknik Informati UNIKOM.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Jurusan Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan dengan kapasitas jumlah mahasiswa yang besar di Universitas Komputer Indonesia (Unikom). Dalam pelaksanaan kurikulumnya menawarkan beberapa matakuliah pilihan yang dapat memenuhi visi dan misi jurusan. Saat ini dalam penentuan matakuliah yang ditawarkan, pihak jurusan menggunakan sistem polling. Namun hal ini akan menimbulkan masalah bagi mahasiswa khususnya dikarenakan mahasiswa tersebut mengikuti pemilihan yang dilakukan oleh temannya bukan berdasarkan minat mahasiswa itu sendiri. Selain itu setiap matakuliah pilihan tersebut mempunyai nilai prasyarat dari matakuliah sebelumnya yang sebenarnya dapat dijadikan acuan dalam penentuan matakuliah pilihan yang ditawarkan. Dengan model sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat membantu memberikan rekomendasi kepada pihak jurusan dalam menentukan matakuliah pilihan yang akan ditawarkan berdasarkan data polling (cerminan kemauan mahasiswa), data histori nilai (cerminan kemampuan mahasiswa) atau irisan dari kedua data tergantung kebijakan yang akan diambil pihak jurusan. Dalam model ini, hasil rekomendasi penentuan matakuliah pilihannya didapat dengan menggunakan metode data mining yaitu Assosiation Rule dengan pendekatan algoritma FP-Growth. Untuk mendapatkan pola ini digunakan pendekatan FP-Growth untuk mempercepat mendapatkan ekstrak frequent itemset dengan hanya scan database sebanyak dua kali. Dari hasil pengujian model keputusan ini dengan data sampel yaitu data polling dan data histori nilai mahasiswa kelas IF1 tahun akademik 2011-2012 dengan minimum support sebesar 30% dan minimum confidence sebesar 60%, didapat hasil irisan rekomendasi keputusan matakuliah pilihan Database Lanjut dan Keamanan Sistem Informasi yang akan ditawarkan. Pada akhirnya model sistem pendukung keputusan ini dapat digunakan untuk mendapatkan rekomendasi penentuan matakuliah pilihan berdasarkan data acuan yang sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan pihak jurusan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Penentuan matakulian pilihan, Association Rule, FP-Growth, Minimum Support, Minimum Confidence.
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:06
Last Modified: 16 Nov 2016 08:06
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26568

Actions (login required)

View Item View Item