Perancangan arsitektur sistem informasi advertising agency pada PT.XYZ dengan kerangka kerja Zachman

Apriza Muttaqien, Muhamad (2014) Perancangan arsitektur sistem informasi advertising agency pada PT.XYZ dengan kerangka kerja Zachman. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Advertising Agency adalah sebuah bidang usaha yang menjembatani antara Advertiser dan Publisher. Agency merupakan bidang usaha jasa yang berkembang sesuai dengan permintaan pasar dalam dunia Advertising. Advertising Agency secara tidak langsung memberikan pengaruh yang besar terhadap kesuksesan sebuah branding perusahaan / produk yang menjadi clientnya. Seiring dengan berkembangnya perusahaan, Advertising Agency membutuhkan sistem yang mampu mengintegrasikan semua proses perkantoran (media, production, finance dan accounting) ke dalam sebuah aplikasi terintegrasi. Integration Office System (IOS) yang dimaksud mampu menangani banyak anak perusahaan sejenis dibawahnya tanpa harus mengintalasi atau meng-update aplikasi dari sisi pemakai aplikasi pada perusahaan yang dimaksud maupun pada anak perusahaan.Untuk membangun IOS tersebut dibutuhkan rancangan arsitektur yang matang. IOS dalam penelitiaan ini dirancang berdasarkan model Service Oriented Architecture (SOA), sehingga mampu diakses dari berbagai aplikasi dan memenuhi prinsip kerja SOA. Dengan menggunakan kerangka kerja Zachman semua requirement mulai dari perencanaan kebutuhan aplikasi, user, server, implementasi, hingga maintenance mampu terpenuhi. Requirement mencangkup enam perspektif, diawali dengan scoping, enterprise modeling, system model, technology model, detail representation, hingga functioning enterprise.Hasil dari IT Blueprint ini mempunyai beberapa kemampuan antara lain: dapat mengidentifikasi pemakai aplikasi, menintegrasikan finance, accounting dan operasional antara media dan production. Mampu diakses dari berbagai aplikasi diberbagai platform. Dikembangkan berdasarkan arsitektur modular yang dapat dikembangkan lebih lanjut seiring dengan perkembangan kebutuhan bisnis dari Advertising Agency. Pada penelitian ini dilakukan hingga perspektif technology model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Service Oriented Architecture (SOA), IT Blueprint, Kerangka Kerja Zachman (Zachman Frmework), Arsitektur Enterprise, Scoping, Enterprise Modeling, System Model, Technology Model, Detail Representation, Functioning Enterprise.
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26579

Actions (login required)

View Item View Item