Sistem informasi penjualan,pembelian dan pemesanan pada Reading Lights (the 2nd hand bookshop and the coffee corner)

Widia Astuty, Astri (2014) Sistem informasi penjualan,pembelian dan pemesanan pada Reading Lights (the 2nd hand bookshop and the coffee corner). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan teknologi dibidang informasi mendorong setiap instansi atau perusahaan untuk tetap mengikuti perkembangannya, terutama dalam hal pengolahan data yang memberikan dukungan terhadap pengambilan keputusan-keputusan bisnis serta memberikan kontribusi yang cukup berarti dalam meningkatkan kegiatan penjualan. Reading Lights (the 2nd hand bookshop and the coffee corner) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan buku yang menyajikan konsep penjualan yang menarik . Konsep penjualan yang menyajikan Coffee Corner dan penyewaan tempat untuk ruang rapat ataupun tempat pre wedding menjadikan Reading Lights sebagai tempat yang unik dan mulai mengalami perkembangan yang signifikan. Namun sistem yang sedang berjalan mengenai pengolahan data transaksi baik transaksi penjualan, pembelian, pemesanan (ruang rapat atau prewed) dan pembuatan laporan penjualan di Reading Lights masih dilakukan secara manual . Penyimpanan data yang belum terorganisir dengan baik mengakibatkan terjadinya penumpukan data transaksi . Selain itu belum adanya alur sitem yang mengintegrasikan antara Bookshop, Coffee Corner serta Penyewaan tempat mengakibatkan pada saat transaksi pembayaran sering mengalami kesulitan dan kurang efisien . Untuk itu Reading Lights memerlukan sebuah sistem yang mampu mengintegrasikan dan mengoptimalkan seluruh kegiatan transaksi dan pembuatan laporan yang dapat menghasilkan informasi secara cepat dan tepat. Dalam perancangan sistem informasi, perlu digunakan suatu metodologi yang berfungsi sebagai pedoman . Dalam pendekatannya perancangan sistem informasi Reading Lights ini menggunakan Pemrograman berorientasi objek (object-oriented programming disingkat OOP) dan untuk mengembangkan sistem informasinya menggunakan pengembangan Prototype. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan peninjauan atau observasi serta wawancara secara langsung ke Reading Lights. Alat bantu yang digunakan untuk mempermudah perancangan sistem dalam bentuk Use Case, Skenario Use Case, Diagram Activity, Sequence Diagram, Class Diagram, Component Diagram dan Deployment Diagram yang diharapkan dapat membantu mengoptimalkan seluruh proses penjualan yang ada . Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat perancangan sistem ini yaitu Java NetBeans IDE dan menggunakan database MySql.Diharapkan dengan menerapkan sistem informasi ini dapat memecahkan seluruh permasalahan yang ada serta membantu Reading Ligths untuk mengoptimalkan seluruh kegiatan transaksi, penjualan, pembelian, pemesanan ruangan baik untuk kepentingan rapat atau foto praweding, pengolahan data dan pembuatan laporan sehingga dapat menghasilkan informasi secara efektif dan efisien .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi penjualan, pembelian, pemesanan , Metode pengembangan Prototype, Pendekatan Objek, database Mysql, Java dan NetBeans .
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26584

Actions (login required)

View Item View Item