Sistem pakar mendiagnosis penyakit ikan lele dan cara pembudidyaan untuk meningkatkan produktifitas ikan lele berbasis mobile

Mufmin, Nur (2014) Sistem pakar mendiagnosis penyakit ikan lele dan cara pembudidyaan untuk meningkatkan produktifitas ikan lele berbasis mobile.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penyakit yang sering menimpa ikan lele dalam pembudidayaan biasanya terjadi karena lingkungan air yang tidak baik, misalnya tercemar zat-zat berbahaya, kepadatan tebar terlalu besar dan perubahan suhu yang drastis. Pada kondisi demikian daya tahan ikan lele menurun dan mudah terserang penyakit. Atas dasar permasalahan tersebut perlu dikembangkan sistem pakar yang dapat mendiagnosa penyakit ikan lele. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan sistem pakar ini pelacakannya dengan menggunakan metode Forward chaning dan metode pencarian menggunakan Best First Search(BFS),untuk menghitung nilai probabilitasnya dengan metode Bayes. Metode Bayes merupakan salah satu cara untuk mengatasi ketidakpastian data. Aplikasi sistem pakar yang dibuat ini mampu mendiagnosa penyakit ikan lele dan memberikan informasi kepada pengguna berupa kemungkinan penyebab sebagai hasil diagnosa. Dengan memberikan pengetahuan akurat yang didasarkan pada pengetahuan dan diikuti oleh tes yang dilakukan dengan serius, diharapkan bahwa sistem ini dapat membantu melakukan diagnosa penyakit ikan lele dan memberikan informasi penanganan penyakit tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Pakar, Forward Chaning, Metode Bayes, penyakit lele, BFS, Android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26585

Actions (login required)

View Item View Item