Perancangan dan implementasi remote access virtual private network menggunakan protokol L2TP berbasis IP security dengan radhius server di Balai Besar Keramik

Harsandi, Ricky (2014) Perancangan dan implementasi remote access virtual private network menggunakan protokol L2TP berbasis IP security dengan radhius server di Balai Besar Keramik. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Balai Besar Keramik merupakan unit pelaksana teknis di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri. Dalam melaksanakan tugasnya, para pegawai banyak menggunakan aplikasi, sistem informasi dan sumber daya lainnya yang terdapat di jaringan lokal yang hanya bisa diakses dari dalam kantor. Sedangkan para pegawai banyak melakukan tugas di luar kantor seperti di rumah dan dinas ke luar kota. Dengan permasalahan yang ada maka jaringan VPN dijadikan solusi untuk menyelesaikannya. Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk dapat terkoneksi ke jaringan publik dan menggunakannya untuk dapat bergabung dengan jaringan lokal. Model yang digunakan dalam pembangunan jaringan VPN di Balai Besar Keramik ini adalah remote accsess dan menggunakan teknologi L2TP berbasis IPSec. Dari segi enkripsi, tentu enkripsi pada L2TP/IPSec memiliki tingkat sekuritas lebih tinggi daripada jenis tunneling lainnya, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan perusahaan secara lebih aman melalui internet. Tunneling tersebut akan melakukan enkripsi terhadap kunci dan enkripsi terhadap proses transfer data dari client menuju ke server dengan menggunakan algoritma enkripsi, sehingga client yang terhubung dengan suatu jaringan VPN dapat melakukan koneksi yang aman. Karena pengguna VPN tersebut cukup banyak, maka dibutuhkan radius server untuk mengelola pengguna.Dengan adanya jaringan VPN yang dibangun, jangkauan jaringan lokal yang dimiliki instansi tersebut menjadi luas sehingga para pegawai yang bekerja di luar kantor bisa mengakses data, program aplikasi, ip camera dan sumber daya lainnya yang ada di Balai Besar Keramik dari mana saja dengan aman, karena VPN menggunakan sistem keamanan berlapis seperti IPSec dan firewall agar data yang melalui jaringan terenkripsi dan terlindungi. Administrator jaringan pun dapat dengan mudah mengatur dan manajemen VPN client tersebut karena menggunakan radius server sebagai database pengelola user.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: VPN, L2TP, IPSEC, RADIUS
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26703

Actions (login required)

View Item View Item