Pembelajaran berbantuan komputer mata pelajaran biologi studi kasus di SMA N 1 Lembang

Tyagita, Regina (2014) Pembelajaran berbantuan komputer mata pelajaran biologi studi kasus di SMA N 1 Lembang. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Lembang merupakan salah satu sekolah terbaik yang ada di Lembang, SMA yang terletak di Kabupaten Bandung Barat ini sangat memperhatikan kualitas dari siswa-siswinya. Dalam mata pelajaran Biologi siswa dan guru menghadapi beberpa masalah yaitu terlalu banyaknya materi yang disampaikan setiap pertemuan mengakibatkan sulitnya siswa menyerap materi yang disampaikan dan kurangnya fasilitas belajar yang menunjang siswa dalam mengimplementasikan apa yang siswa pelajari.Masalah lain yang dihadapi adalah kurangnya minat siswa dalam belajar yang diakibatkan karena media belajar yang hanya bersifat verbalitas dari guru sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti memahami materi. Masalah terakhir yang dihadapi adalah dari pihak guru dimana pelajaran. Dari pihak guru pun merasa kesulitan dalam memantau nilai siswa setelah diadakan evaluasi materi karena banyaknya jumlah siswa dari tiap-tiap kelas. Oleh karena itu, dibutuhkan media interaktif yang dapat membantu siswa dalam memahami materi serta membantu guru dalam memantau nilai siswa. Pembelajaran berbantuan Komputer merupakan salah satu media teknologi pembelajaran khususnya untuk memberikan suasana baru dalam belajar dengan menjelaskan konsep yang sederhana dengan penggabungan visual audio menggunakan model tutorial. Pembangunan Pembelajaran berbantuan Komputer ini harus melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan yang dipilih yaitu metode waterfall dan melakukan pengujian sistem yaitu dilakukannya pengujian white box dan black box yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak.Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini sudah memenuhi kriteria media pembelajaran yang baik yaitu memberikan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran di kelas seperti biasanya dalam bentuk teknologi pembelajaran, sehingga siswa dapat mengingat kembali pelajaran dengan pelajaran yang terkait yaitu Biologi melatih berpikir dan bertindak terhadap penggunaan aplikasi pembelajaran berbantuan komputer ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Komputer, Biologi, Tutorial.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26730

Actions (login required)

View Item View Item