Aplikasi sistem distribusi surat dan monitoring digital disposition di Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan

Muhammad, Lifardi (2014) Aplikasi sistem distribusi surat dan monitoring digital disposition di Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) adalah institusi yang bertugas dan memiliki kompetensi untuk melindungi kelestarian sumberdaya hayati perikanan dari serangan hama penyakit berbahaya yang berpotensi merugikan melalui tindakan karantina ikan, melakukan pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan baik yang diimpor ataupun yang diekspor. Saat ini BKIPM masih menggunakan cara konvensional dalam mengelola dokumentasi persuratan. Hal ini menimbulkan banyak masalah dalam mengelola dokumentasi persuratan. Penundaan proses disposisi juga seringkali terjadi dikarenakan pengeloaan disposisi tidak terkelola dengan baik serta tidak efisiennya proses penggandaan surat yang dilakukan yang mengakibatkan pemborosan penggunaan sumber daya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dibangun sebuah sistem distribusi surat dan monitoring digital. Adapun metode penelitian yang digunakan meliputi metode pengumpulan data dengan wawancara dan observasi, metode pendekatan yang digunakan adalah terstruktur, metode pembangunan sistem menggunakan model waterfall. Aplikasi ini dibangun berbasis web mobile dengan menggunakan framework Jquery Mobile. Setelah melakukan analisis, perancangan, pengujian dan melakukan wawancara maka diperoleh kesimpulan bahwa dengan adanya sistem ini pengelolaan surat menjadi lebih baik, mempermudah dalam proses pengelolaan disposisi sehingga tidak terjadi lagi disposisi yang tertunda serta mampu menerapkan paperless office di lingkungan BKIPM. Adapun untuk melengkapi sistem kedepannya ada beberapa hal yang disarankan yaitu dengan menambahkan teknologi sms gateway untuk memberikan notifikasi agar respon pengguna lebih cepat, perbaikan tata kelola arsip serta penggunaan Secure Socker Layer (SSL) untuk meningkatkan keamanan sistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Surat Masuk, Surat Keluar, Disposisi, Disposisi Digital
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26742

Actions (login required)

View Item View Item