Aplikasi pendeteksi detak jantung menggunakan metode photoplethysmograph dan moving average filter berbasis android

Nugraha, Imam (2014) Aplikasi pendeteksi detak jantung menggunakan metode photoplethysmograph dan moving average filter berbasis android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Detak jantung dapat dilihat melalui alat deteksi kerja jantung yang disebut EKG (elektrokardiogram).Namun minimnya jumlah peralatan elektrokardiografi di rumah sakit, menyebabkan biaya untuk melakukan pengecekan kondisi jantung menjadi sangat mahal. Selain itu, juga dapat dilakukan dengan menggunakan stetoskop. Namun hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh orang awam, harus dengan bantuan para ahli ataupun tenaga medis yang berpengalaman. Cara sederhana untuk menghitung detak jantung yaitu dengan mengukur melalui denyut nadi. Akan tetapi hal tersebut sangat memungkinkan terjadi kesalahan penghitungan detak jantung, karena proses penghitungan dilakukan secara manual dan waktu perhitungan yang tidak tepat.Aplikasi pendeteksi detak jantung merupakan sebuah aplikasi mobile berbasis android yang menerapkan metode photoplethysmograph, dimana aplikasi ini memanfaatkan kamera serta lampu flash pada handset android yang ditempel pada jari tangan untuk dapat mendeteksi detak jantung. Aplikasi ini mengimplementasikan metode Moving Average Filter untuk menghitung jumlah detak jantung. Pengujian akurasi yang dilakukan untuk membandingkan antara hasil pemeriksaan menggunakan alat standar pengukuran detak jantung yaitu EKG oleh dokter dengan perhitungan menggunakan aplikasi. Dimana hasil perhitungan EKG 82 bpm, sedangkan hasil perhitungan aplikasi 88 bpm. Sehingga dapat dihitung tingkat kebenaran untuk aplikasi dengan persentase akurasi 92%.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi pendeteksi detak jantung menggunakan metode photoplethysmograph dan moving average filter berbasis android yang dibangun sudah mampu membantu menghitung detak jantung dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: EKG (elektrokardiogram), Metode Moving Average Filter, photoplethysmograph, Pendeteksi Detak Jantung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26785

Actions (login required)

View Item View Item