Sistem peramalan dan monitoring persediaan obat di Rumah Sakit Paru DR.M.Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor dengan menggunakan metode single exponental smoothing dan reorder point

Kacikal Medal Tri Okwara, Nendang (2014) Sistem peramalan dan monitoring persediaan obat di Rumah Sakit Paru DR.M.Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor dengan menggunakan metode single exponental smoothing dan reorder point.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rumah Sakit Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo merupakan instansi pemerintah dibidang kesehatan. Rumah Sakit Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo memiliki beberapa instalasi, salah satunya adalah Instalasi Farmasi yang bertugas untuk menangani obat-obatan.Kepala Instalasi Farmasi di Rumah Sakit Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo kesulitan dalam menentukan jumlah obat yang harus disediakan karena rumus yang digunakan untuk menentukan jumlah obat yang harus disediakan lebih mengacu kepada penjualan obat musiman dan tidak sesuai dengan penjualan obat tipe fast moving yang setiap harinya terjual dengan jumlah yang banyak. Hal tersebut mengakibatkan sering terjadinya kekurangan dan kelebihan stok obat. Selain itu bagian gudang mengalami kesulitan dalam memantau persediaan stok obat di gudang karena belum adanya sistem yang dapat memantau persediaan stok obat di gudang.Sistem peramalan dan monitoring persediaan obat disesuaikan dengan permasalahan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo. Sistem peramalan dan monitoring persediaan obat menggunakan sebuah metode peramalan yaitu Single Exponential Smoothing untuk menentukan jumlah obat yang harus disediakan dan metode ReOrder Point untuk memantau persediaan stok obat di gudang. Sistem peramalan dan monitoring persediaan obat menggunakan model pembangunan perangkat lunak yaitu model waterfall, sedangkan analisis sistem menggunakan pemodelan berorientasi objek dengan menggunakan Unifed Modelling Language (UML).Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa metode Single Exponential Smoothing cocok untuk digunakan karena rata-rata akurasi peramalan mencapai 93,4%, selain itu sistem yang dibangun membantu Kepala Instalasi Farmasi dalam menentukan jumlah obat yang harus disediakan dan membantu bagian gudang dalam memantau persediaan stok obat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peramalan, Monitoring, Single Exponential Smoothing, ROP.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26791

Actions (login required)

View Item View Item