Pembingkaian berita keterlibatan artis Raffi Ahmad dalam kasus narkoba : (analisis Framing Robert N.Entman di Harian Umum Pikiran Rakyat dan Harian Pagi Tribun Jabar edisi Januari-Februari 2013)

Suandrea Chandra, Shirley (2014) Pembingkaian berita keterlibatan artis Raffi Ahmad dalam kasus narkoba : (analisis Framing Robert N.Entman di Harian Umum Pikiran Rakyat dan Harian Pagi Tribun Jabar edisi Januari-Februari 2013). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian (framing) pemberitaan tentang keterlibatan artis Raffi Ahmad dalam kasus narkoba edisi Januari-Februari 2013. Berita yang dianalisis sebanyak 6 berita, yang semuanya adalah berita utama.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode yang digunakan adalah analisis framing model Robert N. Entman. Metode ini digunakan untuk menganalisis cara media massa mengkonstruksi realitas dengan mengidentifikasi pedefinisian masalah, perkiraan sumber masalah, pembuatan keputusan moral, dan penyelesaian masalah.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Harian Umum Pikiran Rakyat mendefinisikan masalah keterlibatan Raffi Ahmad ini sebagai pintu masuk untuk menyampaikan kejahatan luar biasa kepada masyarakat, perkiraan penyebab masalahnya adalah masalah waktu dan ketahanan mental, penilaian moralnya yaitu shock therapy untuk Raffi Ahmad, dan penyelesaian masalah berupa kejelasan pembenahan hukum. Sedangkan Harian Pagi Tribun Jabar membingkai pendefinisian masalah kasus Raffi Ahmad ini sebagai warning buat siapapun yang ada di Indonesia, perkiraan penyebab masalahnya adalah masalah penyebab awal kejadian, penilaian moralnya yaitu me-warning masyarakat agar berhati-hati dengan narkoba, dan penyelesaian masalah berupa pencegahan dimulai dari lingkungan keluarga sendiri.Kesimpulan yang diperoleh adalah Harian Umum Pikiran Rakyat memberitakan pemberitaan kasus Raffi Ahmad lebih besar kadar subjektifitas daripada objektifitasnya. Sedangkan Harian Pagi Tribun Jabar memberitakan pemberitaan kasus Raffi Ahmad secara objektif, sesuai dengan fakta di lapangan.Saran untuk Harian Umum Pikiran Rakyat dan Harian Pagi Tribun Jabar tetap terus mempertahankan nilai berita pada setiap informasi yang disajikan. Saran bagi penelitian seterusnya yakni peneliti harus dapat menguasai analisis framing dan permasalahan berita dengan baik untuk pemahaman berita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Raffi Ahmad, Narkoba, Framing, Robert N. Entman, Koran
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26853

Actions (login required)

View Item View Item