Pembangunan sistem evaluasi untuk mengetahui kemampuan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran berdasarkan hasil Tryout berbasis WEB di SMA 10 Bandung

Hendiyana, Septiyan (2015) Pembangunan sistem evaluasi untuk mengetahui kemampuan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran berdasarkan hasil Tryout berbasis WEB di SMA 10 Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kegiatan evaluasi hasil belajar merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh guru di SMAN 10 Bandung untuk dapat mengetahui sejauh mana perkembangan peserta didik selama mengikuti kegiatan belajar di sekolah dengan cara menganalisis tingkat kemampuan pemahaman siswa. Hasil evaluasi ini diperlukan untuk menunjang kegiatan pemantapan berdasarkan hasil tryout. Namun, kegiatan evaluasi sering terjadi kendala. Untuk mendapatkan hasil analisis tingkat kemampuan siswa, dibutuhkan waktu yang cukup lama karena guru harus memeriksa dan mencocokan kembali jawaban siswa dengan soal-soal yang diujikan. Pada sistem yang ada saat ini, belum ada fitur yang dapat membantu kegiatan evaluasi tersebut. Berdasarkan masalah di atas, solusi untuk menyelesaikannya yaitu dengan membangun sistem evaluasi yang diintegrasikan dengan Learning Management System (LMS) yang ada di SMAN 10 Bandung. Adapun alat yang digunakan untuk menggambarkan model sistem yaitu diagram alir data (Flowmap), diagram konteks, dan Data Flow Diagram (DFD), dan untuk perancangan basis data menggunakan kamus data dan Entity Relationship Diagram (ERD). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, observasi, dan wawancara. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif. Pengujian sistem evaluasi dilakukan menggunakan metode alpha dan beta. Pengujian alpha yaitu pengujian sistem yang dilakukan di lingkungan pengembang sistem, sedangkan pengujian beta yaitu pengujian yang dilakukan dengan melibatkan pihak pengguna yaitu guru. Hasil pengujian menyimpulkan bahwa pembangunan sistem evaluasi ini membantu guru dengan mempermudah dalam mendapatkan hasil analisis tingkat kemampuan pemahaman siswa dan hasil evaluasinya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Evaluasi, Learning Management System, SMAN 10 Bandung, Analisis, Tingkat Kemampuan Pemahaman Siswa.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26862

Actions (login required)

View Item View Item