Perancangan tata kelola teknologi informasi menggunakan kerangka kerja cobit 4.1 (proses Ds5-memastikan keamanan sistem) di PT.Bio Farma (persero)

Mawardi, Endr (2014) Perancangan tata kelola teknologi informasi menggunakan kerangka kerja cobit 4.1 (proses Ds5-memastikan keamanan sistem) di PT.Bio Farma (persero). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Keberadaan Tata Kelola Teknologi Informasi (TI) menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam mendukung kesuksesan Tata Kelola Perusahaan dengan menjamin perbaikan yang terukur secara efektif dan efisien dari proses bisnis yang terkait dengan TI. PT Bio Farma (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi vaksin dan sera perlu memanfaatkan TI agar dapat meningkatkan daya saing global. Namun pelaksanaan Tata Kelola TI di PT Bio Farma (Persero) masih belum optimal, hal ini terlihat dari belum terdapatnya kebijakan TI khususnya keamanan sistem, untuk itu diperlukan suatu kerangka Tata Kelola TI terkait pengelolaan keamanan sistem sehingga semua risiko yang teridentifikasi dapat dicegah sekaligus mengoptimalkan kinerja TI agar lebih mempunyai nilai tambah bagi proses bisnis yang dijalankan.Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1. Kerangka kerja COBIT 4.1 terdiri dari 4 Domain dan 34 Proses TI. Berdasarkan hasil perhitungan skala prioritas Domain dan Proses TI menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) didapatkan prioritas tertinggi pada Proses TI DS5 (Memastikan Keamanan Sistem), dari Proses TI tersebut dibuatkan suatu pemetaan tingkat kematangan untuk mengetahui posisi pengelolan TI saat ini sebagai dasar pembuatan rekomendasi Tata Kelola TI.Dari hasil pemetaan dengan melakukan kuesioner kepada 30 responden, didapatkan tingkat kematangan Proses TI DS5 (Memastikan Keamanan Sistem) berada pada tingkat 2 (Repeatable but Intuitive). Rekomendasi jangka pendek dibuat untuk meningkatkan ke tingkat kematangan 3 (Defined Process) sedangkan rekomendasi jangka panjang dibuat berdasarkan analisis kondisi saat ini terkait dengan proses memastikan keamanan sistem, sehingga dengan diimplementasikannya rekomendasi tersebut diharapkan dapat dicapai kondisi yang diharapkan sesuai dengan visi, misi dan kebutuhan bisnis perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola TI, COBIT, AHP, Tingkat Kematangan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26869

Actions (login required)

View Item View Item