Perancangan aplikasi mobile learning pada mata pelajaran Bahasa Jepang berbasis mobile android (studi kasus SMA Negeri 1 Bandung kelas X)

Putra Salemba, Aria (2014) Perancangan aplikasi mobile learning pada mata pelajaran Bahasa Jepang berbasis mobile android (studi kasus SMA Negeri 1 Bandung kelas X).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Teknologi telekomunikasi dan internet berkembang sangat pesat dan menjadi sektor yang berpengaruh di dunia. Perkembangan ini memungkinkan adanya terobosan baru dalam dunia pendidikan, yaitu dengan adanya mobile learning (m-learning). Penelitian ini bertujuan untuk : merancang aplikasi mobile learning pada mata pelajaran Bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Bandung, mengimplementasikan aplikasi mobile learning pada mata pelajaran Bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Bandung .Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bandung tahun pelajaran 2012/2013. Perangkat lunak ini dibangun dalam bentuk aplikasi Mobile Learning pada sebuah handphone, sehingga siswa dapat menggunakan aplikasi Mobile Learning kapan-pun dan dimana-pun. Pada penulisan ini digunakan metodologi penulisan berupa metode deskriptif dan action yang menggambarkan masalah yang terjadi di lapangan sebagaimana adanya, serta menggunakan pendekatan berorientasi objek. Kemudian menganalisa dan menjelaskan data yang dikumpulkan sesuai dengan tujuan penulisan, dalam perancangannya digunakan metode prototype, dan menggunakan Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequences Diagram, dan Class Diagram sebagai metode pendekatan sistemnya. Dalam penulisan ini penulis menggunakan bahasa pemrograman java android dan XML .Aplikasi ini dikembangkan hanya client saja/offline.Pertimbangan adanya keefektifan belajar berbasis mobile menjadikan penulis untuk menawarkan pengembangan model yang mutakhir guna membantu siswa maupun pendidik untuk lebih mudah dalam pembelajaran minimal dapat memberikan motivasi belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mobile Learning, Bahas Jepang, Prototype, UML.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26883

Actions (login required)

View Item View Item