Image Processing Sayatan Tipis Batuan Gamping dengan Jaringan Syaraf Tiruan (JST) Menggunakan MatLab dan Linux (Studi Kasus : Rajamandala-Padalarang)

Adler, John (2014) Image Processing Sayatan Tipis Batuan Gamping dengan Jaringan Syaraf Tiruan (JST) Menggunakan MatLab dan Linux (Studi Kasus : Rajamandala-Padalarang).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Batu gamping dikenal sebagai batuan karbonat adalah salah satu kelas batuan sedimen yang mineral pembentuknya (sebesar 95% atau lebih) adalah calcite (CaCO3, kalsium karbonat), dolomite (CaMg(CO3)2) dan aragonite. Batuan karbonat ini menjadi sangat penting karena lebih dari 50% reservoar minyak dan gas di dunia adalah reservoar karbonat. Namun tantangannya adalah ketidakteraturan dan kompleksitas struktur geometri pori karbonat dan frame (rangka) yang bisa teralterasi (berubahnya komposisi mineral batuan dan struktur kimianya). Pada penelitian ini, batuan akan dikarakterisasi menggunakan thin section (sayatan tipis) untuk mendapatkan gambar (image) berukuran 1000 mikrometer dengan bantuan mikroskop electron. Dengan metode baru, akan dikaji fenomena Seismic Rock Physics pada thin section yaitu menghitung kecepatan gelombang elastic pada suatu pori-pori batuan menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation, merupakan salah satu jenis Jaringan Syaraf Tiruan (JST) feed forward dengan proses belajar dibimbing (supervised learning), berfungsi memilah-milah citra warna yang terdapat dalam image (metoda RGB, Red-Green-Blue). Metode pembelajaran yang dipakai adalah metode Levenberg-Marquardt.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Calcite, Thin Section, Jaringan Syaraf Tiruan, dan Levenberg-Marquadt
Subjects: Member > john.adler007@gmail.com
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26884

Actions (login required)

View Item View Item