Perancangan aplikasi sistem pendukung keputusan penentuan penerima dana bantuan siswa miskin SD Negeri 1 Tulehu menggunakan model fuzzy MADM dengan metode topsis

Suatkab, Amran (2014) Perancangan aplikasi sistem pendukung keputusan penentuan penerima dana bantuan siswa miskin SD Negeri 1 Tulehu menggunakan model fuzzy MADM dengan metode topsis. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Program bantuan siswa miskin adalah bantuan yang diberikan melalui dana APBN sebagai wujud tanggung jawab pemerintah kepada siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu agar dapat melakukan kegiatan belajar di sekolah. Selain itu, juga bertujuan utuk mengurangi jumlah siswa putus sekolah akibat permasalahan biaya pendidikan. Agar alokasi bantuan menjadi tepat sasaran diperlukan adanya upaya dari pihak sekolah untuk menyeleksi siswa yang berhak untuk menerima bantuan.SD Negeri 1 Tulehu merupakan sekolah dasar yang latar belakang pekerjaan dan penghasilan orang tuanya beragam.Dengan banyaknya siswa yang ada maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung untuk penentuan penerimaan beasiswa sehingga proses seleksi menjadi lebih tepat dan efisien, dalam hal ini adalah sebuah aplikasi yang dapat dengan mudah digunakan oleh bagian penyeleksi.Fuzzy Multiple Attribute Decision Making merupakan suatu metode yang digunakan untuk menentukan solusi/ alternatif terbaik yang didasarkan pada penilaian terhadap kriteria-kriteria yang ada. Model TOPSIS merupakan sub-metode dari MADM yang penentuan alternatifnya yaitu dengan mencari jarak terpendek dari solusi ideal positif dan jarak terpanjang dari solusi ideal negatif.Pembuatan aplikasi menggunakan metode ini tentunya akan membantu proses penyeleksian penerima dana bantuan siswa miskin sehingga lebih tepat sasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bantuan Siswa Miskin (BSM), MADM, TOPSIS
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26892

Actions (login required)

View Item View Item