Sistem informasi penyewaan mobil di Arya Kent Car Bogor

Aldrin A H, Maulana (2014) Sistem informasi penyewaan mobil di Arya Kent Car Bogor. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan di era globalisasi, mendorong setiap perusahaan untuk mengembangkan teknologi informasinya. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi tersebut tentunya dapat menjadi sarana dalam meningkatkan kegiatan usaha yang tentunya dapat membantu pekerjaan disuatu organisasi atau perusahaan sehingga memiliki nilai tertentu.Hal tersebut berkaitan dengan pengolahan data yang dapat berkontribusi dengan baik dalam meningkatkan kegiatan bisnis. Berdasarkan uraian diatas penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan bisnis merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang kinerja dari sumber daya manusia yang ada diperusahaan. Pengolahan data transaksi, penyewaan mobil, pengembalian dan pembuatan laporan penyewaan di Arya Rent Car ini masih dilakukan secara manual, dengan mengarsipkan bukti transaksi kedalam penyimpanan sehingga dapat terjadi penumpukan arsip. Untuk mengelola penyewaan dapat ditemui banyak kendala yaitu sulitnya mengatur jadwal mobil yang akan disewakan sehingga sering terjadi kesalahan dalam penempatan jadwal bagi konsumen. Hal tersebut dikarenakaan dalam satu bulan terjadi 600 sampai 700 penyewaan. Kegiatan pemesanan dilakukan secara manual dengan hanya menuliskan unit mobil yang akan disewa oleh konsumen kedalam buku sewa sehingga informasi tidak dapat diketahui oleh bagian kasir. Setelah mengetahui pentingnya masalah diatas, maka Arya Rent Car membutuhkan suatu sistem yang mampu mengoptimalkan dan mengefektifkan seluruh kegiatan transaksi dan pembuatan laporan yang dapat menghasilkan informasi secara cepat dan berdaya guna.Dalam perancangan sistem informasi, perlu digunakan suatu metodologi yang berfungsi sebagai pedoman . Dalam pendekatannya perancangan sistem informasi penyewaan mobil ini menggunakan Pemrograman berorientasi objek (object-oriented programming disingkat OOP) dan untuk mengembangkan sistem informasinya menggunakan pengembangan Prototype. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan peninjauan atau observasi serta wawancara secara langsung ke Arya Rent Car. Alat bantu yang digunakan untuk mempermudah perancangan sistem dalam bentuk Use Case, Skenario Use Case, Diagram Activity, Sequence Diagram, Class Diagram, Component Diagram dan Deployment Diagram yang diharapkan dapat membantu mengoptimalkan seluruh proses penjualan yang ada .Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat perancangan sistem ini yaitu Java NetBeans IDE dan menggunakan database MySql.Diharapkan dengan menerapkan sistem informasi ini dapat memecahkan seluruh permasalahan yang ada serta membantu Arya Rent Car untuk mengoptimalkan seluruh kegiatan transaksi, penyewaan, pengembalian, pengolahan data dan pembuatan laporan sehingga dapat menghasilkan informasi secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi penyewaan mobil, Metode pengembangan Prototype, Pendekatan Objek, database Mysql, Java dan NetBeans
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26893

Actions (login required)

View Item View Item