Sistem informasi pembelian, penjualan spare part mobil dan pelayanan jasa service serta jasa carwash di PT.Huripan Merah Motor

Purnama Suhendar, Yusuf (2014) Sistem informasi pembelian, penjualan spare part mobil dan pelayanan jasa service serta jasa carwash di PT.Huripan Merah Motor.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Huripan Merah Motor merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa otomotif yang melayani pembelian, penjualan spare part mobil dan pelayanan jasa service serta jasa carwash. Adapun sistem yang berjalan di PT Huripan Merah Motor yang masih menggunakan sistem manual, tidak jarang data yang dicatat sering mengalami redudansi ataupun ketidak akuratan data, resiko kemungkinan akan kehilangan data-data penting seperti laporan yang rusak dikarenakan tidak tersedianya media penyimpanan database, serta membutuhkan waktu yang lama dalam mencari suatu data yang dibutuhkan, selain itu penjualan spare part yang berjalan tidak secara otomatis mengurangi persediaan jumlah spare part yang ada sehingga menyulitkan perusahaan dalam mengontrol berapa jumlah spare part yang keluar setiap harinya. Tujuan penelitian untuk membuat perancangan sistem informasi pembelian, penjualan spare part mobil dan pelayanan jasa service serta jasa carwash melalui sistem yang terintegrasi dengan database. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode prototype dan deskriptif dengan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode terstruktur yang memiliki karakteristik berorientasi pada proses dan data. Adapun alat��alat yang digunakan seperti flowmap, context diagram, data flow diagram (dfd), kamus data, entity relational diagram (erd), normalisasi, dan table relasi. Perangkat lunak yang digunakan untuk pengkodingan program dan desain interface menggunakan Netbeans 7.4, database menggunakan PhpMyAdmin (Xampp 1.8.3.1), laporan menggunakan iReport 5.1.0, installation program menggunakan Install Creator Pro 3.0.Dengan dibangunnya sistem informasi pembelian, penjualan spare part mobil dan pelayanan jasa service serta jasa carwash dapat menjadi bahan pertimbangan, masukan, ataupun solusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan di PT Huripan Merah Motor melalui sistem yang terintegrasi dengan database, sehingga memudahkan pekerjaan karyawan/pegawai. Selain itu hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dokumen akademik yang berguna dan dapat menjadi sumbangan ilmu pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi peneliti lain yang mengkaji di bidang yang sama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, pembelian spart part mobil, penjualan spart part mobil, pelayanan jasa service, pelayanan jasa carwash
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26905

Actions (login required)

View Item View Item