Pembangunan sistem informasi penjadwalan KBM dengan penerapan algoritma genetika metode seleksi rank based fitness assigment dan monitoring beban kerja guru di SMA Negeri 1 Kadugede

Ramdani, Danny (2014) Pembangunan sistem informasi penjadwalan KBM dengan penerapan algoritma genetika metode seleksi rank based fitness assigment dan monitoring beban kerja guru di SMA Negeri 1 Kadugede.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMA Negeri 1 Kadugede merupakan lembaga pendidikan negeri yang terletak di Kabupaten Kuningan �� Jawa Barat, berjenjang pendidikan sekolah menengah atas dengan 3 tingkatan kelas yaitu kelas X, XI dan XII serta dua jenis penjurusan pada kelas XI dan XII yaitu jurusan IPA dan IPS. Penelitian ini membahas mengenai permasalahan dalam bidang akademik sekolah dalam proses pembuatan jadwal KBM yang dilakukan oleh Wakasek Bidang Kurikulum. Dalam penyusunan jadwal KBM terdapat indikator dan faktor yang mempengaruhi hasil optimasi jadwal KBM serta penyusunan jadwal KBM yang masih dilakukan dengan metode konvensional dengan waktu yang relatif lama serta membutuhkan tingat ketelitian yang tinggi. Pembahasan selanjutnya adalah proses monitoring yang dilakukan Kepala Sekolah yang didalamnya mencakup beban tugas utama guru yaitu mengajar dan beban tugas tambahan guru diantaranya tugas struktural sekolah, manajerial sekolah, walikelas, pembina ekstrakulikuler dan guru piket.Pada penelitian ini, dilakukan pembangunan suatu Sistem Informasi yang dapat membantu dalam penyelesaian masalah tersebut. Sistem yang dibangun menyediakan pengolahan data sebagai indikator dalam melakukan penyusunan jadwal KBM dan proses monitoring. Sehingga dari data yang telah diolah dapat digunakan dalam menyusun jadwal KBM dengan dibantu suatu metode terapan komputasi Algoritma Genetika dengan metode seleksi Rank Based Fitness Assignment. Selain itu, sistem menyediakan fitur dalam proses monitoring dengan tampilan dashboard. Dalam proses analisis perancangan sistem, tahap pembangunan perangkat lunak menggunakan metode waterfall dan analisis pemodelan data dengan ER diagram serta pemodelan fungsionalitas dengan diagram konteks dan DFD.Hasil dari pengujian sistem dengan melakukan generate jadwal KBM dan menampilkan data monitoring menghasilkan jadwal KBM yang optimal dan data indikator monitoring yang memiliki informasi yang baik. Mudah untuk digunakan dan membantu dalam kinerja Kepala Sekolah dan Wakasek Bidang Kurikulum.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Penjadwalan, Monitoring, Algoritma Genetika, Rank Based Fitness Assignment.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26946

Actions (login required)

View Item View Item