Membangun game puzzle 2D Kata Karun

Al Muasshim Zain, Fathan (2014) Membangun game puzzle 2D Kata Karun. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bahasa merupakan bagian dari kehidupan masyarakat penuturnya. Bagi masyarakat Indonesia, bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan fungsi di dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia. Menurut hasil kusioner dan tinjauan pustaka yang telah dilakukan di masyarakat maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan bahasa indonesia yang baik dalam percakapan sehari-hari oleh masyarakat indonesia masih belum diterapkan. Hal ini dapat dilihat dari maraknya penggunaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari seperti istilah mart, square, Plaza dan istilah teknologi seperti chatting, download, handphone dan banyak lagi. Bahasa Indonesia kini sudah mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zaman dan banyak kosakata baru atau berubah yang belum dipahami secara sempurna oleh sebagian masyarakat disebabkan kurangnya penggunaan kata baku khususnya ketika mereka berada di lingkungan rumah dan sekolah. Berawal dari permasalahan ini maka timbulah inisiatif untuk membangun sebuah media dalam bentuk game yang dapat menghibur sekaligus memberikan mengenai kosakata yang benar pada masyarakat.Game Kata karun ini dibangun menggunakan metode analisis pembangunan perangkat lunak yaitu metode analisis terstruktur. Sedangkan pada tahapannya penelitian ini mengambil langkah awal dengan cara menganalisis game sejenis yang di dalamnya meliputi storyline, gameplay, serta komponen-komponen pendukung, game yang dianalisis tersebut adalah game Cari kata. Setelah proses analisis selesai maka dilanjutkan ke tahap pembangunan perangkat lunak. Adapun tools yang dibutuhkan untuk proses membangunnya antara lain Adobe Flash CS5, Adobe Photoshop CS5, dan Adobe Flash Player dengan bahasa pemrograman yang dipakai yaitu ActionScript 2.0.Setelah game Kata Karun ini selesai dibangun maka dilakukanlah suatu bentuk pengujian melalui cara kuesioner. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan tersebut dapat disimpulkan bahwa game Kata Karun ini memiliki materi kosakata yang baik untuk memberikan informasi mengenai kosakata yang benar dan menjadi permainan yang cukup menghibur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kosakata ,analisis, mart, square, Plaza
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26947

Actions (login required)

View Item View Item