Membangun game edukasi rambu lalu lintas untuk anak-anak

Ahmad Silvian, Sandhika (2014) Membangun game edukasi rambu lalu lintas untuk anak-anak.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pelanggaran rambu lalu lintas adalah masalah yang paling sering terjadi dijalan raya. Faktor manusia adalah faktor yang dominan dalam penyebab terjadinya pelanggaran rambu lalu lintas yang berujung kecelakan lalu lintas. Perlu adanya upaya dan usaha dalam meminimalisir faktor manusia dalam pelanggaran rambu lalu lintas, salah satunya memperkenalkan atau mensosialisasikan rambu dan aturan lalu lintas kepada anak sejak dini. Karena pada masak kanak-kanak merupakan masa fondasi awal bagi pertumbuhan dan kembang anak serta diharapkan pada masa mendatang perilaku anak dalam berlalu lintas menjadi lebih baik dari generasi ebelumnya.Mengenalkan rambu lalu lintas pada anak bisa dengan media buku atau penyuluhan dari instansi terkait. Tapi media untuk mengenalkan rambu lalu lintas pada anak masih tergolong sedikit, oleh karena itu perlu adanya media tambahan alternatif yang interaktif, mudah dan menyenangkan tetapi bisa seimbang dengan pengenalan dan pembelajaran tentang rambu lalu lintas. Berawal dari permasalahan ini maka timbulah inisiatif untuk membangun sebuah media pembelajaran dalam bentuk game edukasi rambu lalu lintas untuk anak-anak. Game edukasi rambu lalu lintas ini dibangun menggunakan metode analisis pembangunan perangkat lunak yaitu metode analisis terstruktur. Sedangkan pada tahapannya penelitian ini mengambil langkah awal dengan cara menganalisis game sejenis yang di dalamnya meliputi storyline, gameplay, serta komponen-komponen pendukung, game yang dianalisis tersebut adalah game Marbel Rambu Lalu Lintas Seri 1. Setelah proses analisis selesai maka dilanjutkan ke tahap pembangunan perangkat lunak. Adapun tools yang dibutuhkan untuk proses membangunnya antara lain Adobe Flash CS5, Adobe Illustrator CS6, Adobe Photoshop CS5, dan Adobe Flash Player dengan bahasa pemrograman yang dipakai yaitu ActionScript 2.0.Setelah game edukasi rambu lalu lintas untuk anak-anak ini selesai dibangun maka dilakukanlah suatu bentuk pengujian melalui cara kuesioner. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan tersebut dapat disimpulkan bahwa game edukasi rambu lalu lintas untuk anak-anak ini bisa dijadikan media belajar untuk mengenalkan rambu lalu lintas pada anak, selain itu game ini memiliki suara, animasi, serta gambar-gambar yang dapat menarik minat anak dalam belajar rambu lalu lintas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Rambu Lalu Lintas,Game Edukasi,Media Pembelajaran
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26960

Actions (login required)

View Item View Item