Pembangunan aplikasi game edukasi memelihara dan menjaga lingkungan hidup

Rizki Mulyadi, Mochamad (2014) Pembangunan aplikasi game edukasi memelihara dan menjaga lingkungan hidup.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Lingkungan menjadi salah satu mata pelajaran pada anak Sekolah Dasar yang dinamakan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) yang dipelajari di kelas 2 sampai 6. Penyampaian materi ini membuat bosan anak-anak yang mempelajarinya karena pelajaran ini hampir sama dengan mata pelajaran yang lain seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggirs, yang berisi tentang materi. Terlalu banyak materi akan membuat anak menjadi cepat bosan untuk mempelajarinya, anak-anak sekarang pun terbawa akan majunya teknologi sehingga mereka rata-rata sudah bisa menjalankan beberapa alat elektronik seperti, Handphone dan Komputer akan tetapi mereka mencari kesenangan contohnya bermain game, menonton video, dan memainkan lagu. Penyampaian materi tentang lingkungan pun dapat diterapkan melalui teknologi tersebut yaitu dengan game, kebanyakan anak-anak masih suka bermain game dan mereka akan lebih tertarik tentang penyajian materi lewat game. Untuk membuat penyampaian materi yang lebih interaktif dan edukatif maka dibuatlah game edukasi menjaga dan memelihara lingkungan hidup.Pengembangan perangkat lunak dengan menggunakan metode waterfall, analisis perangkat lunak yang digunakan adalah pemodelan analisis terstruktur yaitu menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD) untuk menggambarkan model data dan Data Flow Diagram (DFD) dalam menggambarkan model fungsional. Pembangunan game ini menggunakan Construct 2 yang dapat dijalankan pada platform HTML5, Android, Windows Phone.Dengan dibangunnya game ini dapat membantu sistem pembelajaran materi dari lingkungan hidup yang sudah diterapkan pada anak Sekolah Dasar kelas 2 sampai 6 agar lebih interaktif dan kreatif dalam manangkap pemahaman dari yang disampaikan dari materi tentang lingkungan hidup. Kemudian dapat memotivasi mereka karena mereka masih suka menggunakan imajinasinya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Game, Lingkungan, Edukasi, Sekolah Dasar
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26982

Actions (login required)

View Item View Item