Pembangunan sistem informasi monitoring dokumen dan anggaran perjalanan dinas di Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Bandung

Nursahid, Eko (2014) Pembangunan sistem informasi monitoring dokumen dan anggaran perjalanan dinas di Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (PUSJATAN) Bandung merupakan institusi pemerintah yang bergerak di bidang jasa penelitian dan pengembangan jalan dan jembatan. Salah satu bentuk fasilitas yang diberikan untuk pegawai PUSJATAN adalah melakukan perjalanan dinas. Dana yang digunakan untuk perjalanan dinas setiap bidang diperoleh dari Mentri Keuangan dengan jumlah yang telah ditentukan di dokumen RKA-KL (Rencana Kerja dan Anggaran Kementrian dan Lembaga). Setelah diterbitkan RKA-KL kemudian setiap bidang membuat ROK (Rencana Operasional Kegiatan), di dalam dokumen ROK ini terdapat rencana anggaran perjalanan dinas yang akan digunakan. ROK perjalanan dinas yang telah dibuat terkadang tidak sesuai dengan realisasinya, karena dana yang digunakan untuk perjalanan dinas sering melebihi batas anggaran yang disediakan. Permasalahan lain yang muncul terkait perjalanan dinas adalah petugas administrasi kesulitan dalam mengetahui sejauh mana dokumen pembayaran perjalanan dinas telah diproses di satuan kerja. Pendekatan untuk mengatasi permasalahan yang telah diuraikan, maka perlu dibangun sebuah sistem monitoring dokumen dan anggaran perjalanan dinas di PUSJATAN Bandung yang dapat mempermudah kepala bagian tata usaha dalam mengetahui sejauh mana realisasi anggaran perjalanan dinas ini. Perangkat lunak yang dibangun diharapkan juga dapat memudahkan petugas administrasi dalam mengetahui sejauh mana dokumen perjalanan dinas ini telah diproses di satker(Satuan Kerja). Data hasil monitoring ini ditampilkan menggunakan teknik dashboard.Berdasarkan hasil pengujian sistem dengan strategi black box dan pengujian beta, maka diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang dibangun dapat mempermudah kepala bagian tata usaha dalam mengetahui sejauh mana anggaran perjalanan dinas telah digunakan dan memudahkan petugas administrasi dalam mengetahui sejauh mana dokumen perjalanan dinas telah diproses di satker.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Dashboard, Perjalanan Dinas, Monitoring, Engineering, PUSJATAN
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/26983

Actions (login required)

View Item View Item