Persepsi dan preferensi pengunjung tentang objek wisata Danau Tahai di Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Meruelka Tendri, Vandrokman (2014) Persepsi dan preferensi pengunjung tentang objek wisata Danau Tahai di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Objek Wisata Danau Tahai merupakan salah satu objek wisata alam di Kota Palangkaraya yang terletak di Desa Tahai Kelurahan Tumbang Tahai dengan jarak 29 Km dari pusat Kota Palangkaraya dan 51 Km dari Kabupaten Katingan. Objek wisata ini terletak di kawasan Pengembangan II Tangkiling dengan fungsi utama sebagai kawasan wisata. Kawasan ini terletak di pinggir Sungai Rungan yang termasuk kedalam KAPET DAS KAKAB (Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu Daerah Aliran Sungai Kahayan. Selama lima tahun terakhir, jumlah wisatawan di objek wisata Danau Tahai mengalami penurunan terutama pada tahun 2010, hal ini membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah untuk melakukan pengembangan dengan memperbaiki dan meningkatkan kualitas objek wisata Danau Tahai. Dalam rangka pengembangan objek wisata Danau Tahai, pemerintah daerah dan pihak pengelola objek wisata Danau Tahai harus melihat persepsi pengunjung untuk dapat mengetahui sejauh mana kinerja objek wisata Danau Tahai dalam memberikan pelayanannya. Selain itu dibutuhkan juga informasi preferensi pengunjung untuk mengetahui hal-hal apa saja pada objek wisata Danau Tahai yang diinginkan pengunjung. Dari penelitian ini akan dapat dilihat aspek apa saja yang ada pada suatu objek wisata yang kinerjanya baik dan yang belum baik, oleh sebab itu dilakukanlah penelitian dengan judul ��Persepsi dan Preferensi Pengunjung Tentang Objek Wisata Danau Tahai di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah��. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana persepsi dan preferensi pengunjung terhadap Objek Wisata Danau Tahai. Aspek yang diteliti terdiri dari empat aspek yaitu daya tarik wisata, fasilitas wisata, aksesibilitas serta promosi dan informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis gap dan kuadran. Hasil dari analisis gap menunjukkan dari kedua puluh satu atribut terdapat enam belas atribut yang bernilai negatif. Atribut-atribut dengan nilai gap paling besar diantaranya tempat sampah, papan petunjuk/plang informasi, toilet/MCK, dan jumlah angkutan umum yang melewati lokasi wisata. Atribut ini merupakan atribut yang dinilai buruk atau sangat buruk kinerjanya. Hasil analisis kuadran menunjukan ada sepuluh atribut pada kuadran I sebagai prioritas utama untuk ditingkatkan kinerjanya, atribut-atribut ini dianggap penting oleh responden namun kinerjanya buruk dalam melayani pengunjung. Pada kuadran II terdapat tiga atribut yang yang harus dipertahankan. Satu atribut terletak pada kuadran III sebagai prioritas rendah. Dan tujuh atribut pada kuadran IV. Kinerja Objek Wisata Danau Tahai masih di bawah harapan pengunjung dikarenakan atribut terbanyak berada pada kuadran I, Aspek daya tarik kinerjanya dirasakan sudah memberikan pelayanan yang baik sedangkan aspek promosi dan informasi dirasakan sangat lemah dalam memberikan pelayanannya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Preferensi, Pengunjung, Objek Wisata, Analisis gap, Analisis Kuadran.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Perencanaan Wilayah dan Kota (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27012

Actions (login required)

View Item View Item