Analisis pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan farmasi di Bursa Efek Indonesia

Hindrilawati, Intan (2014) Analisis pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan farmasi di Bursa Efek Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Nilai perusahaan sangat penting karena mencerminkan kinerja perusahaan yang dapat mempengaruhi pandangan investor terhadap perusahaan. Nilai perusahaan sering dikaitkan dengan harga saham perusahaan tersebut, dimana semakin tinggi harga saham maka nilai perusahaan dan kemakmuran para pemegang saham pun juga meningkat. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan farmasiyang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara simultan maupun parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan tahunan 9 perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2011 sebanyak 30 buah sampel dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik uji-F dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian bahwa variabel struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan memiliki hubungan yang rendah dengan arah positif yang artinya setiap kenaikkan struktur modal dan profitabilitas akan diikuti oleh kenaikkan nilai perusahaan. Kesimpulan dari analisis statistik tersebut adalah penelitian secara simultan struktur modal dan profitabilitas berpengaruh secara signifikan tetapi memiliki hubungan yang rendah terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa struktur modal dan profitabilitas berpengaruh secara signifikan tetapi memiliki hubungan yang sangan rendah terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Profitabilitas, Nilai Perusahaan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27013

Actions (login required)

View Item View Item