Pengaruh teknologi informasi, sanksi pajak dan self assessment system terhadap kepatuhan pajak : (survey terhadap wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bandung Karees)

Irsal Lubis, Raja (2014) Pengaruh teknologi informasi, sanksi pajak dan self assessment system terhadap kepatuhan pajak : (survey terhadap wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bandung Karees). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kepatuhan pajak adalah dengan meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi di dalam pengelolaan dan kemudahannya. Selain itu penerapan sanksi juga menjadi patokan agar seluruh wajib pajak dapat patuh dalam melakukan kewajiban perpajakannya. Sistem pemungutan pajak yang diberlakukan di Indonesia yaitu self assessment system yang memberikan kepercayaan kepada wajib pajak dalam mendaftarkan, menghitung, melaporkan dan membayarkan sendiri pajak terutangnya juga dapat mempengaruhi hal tersebut. Masalahnya, apakah ketiga factor ini benar-benar dapat meningkatkan kepatuhan pajak.Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan lebih rinci mengenai seberapa besarkah pengaruh teknologi informasi, sanksi pajak, dan self assessment system terhadap kepatuhan pajak yang dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif.Dalam penelitian ini, populasinya adalah seluruh wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Bandung Karees dan sampel yang diambil sebanyak 63 orang wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Bandung Karees. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling. Artinya 63 sampel yang diambil dilakukan secara acak tanpa memperhatikan golongan yang ada dalam populasi itu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi informasi, sanksi pajak, dan self assessment system berpengaruh positif dalam meningkatkan kepatuhan pajak orang pribadi di KPP Pratama Bandung Karees. Responden memberikan tanggapan yang baik. Dengan begitu, dapat disimpulkan wajib pajak orang pribadi pada KPP Pratama Bandung Karees telah patuh dalam melakukan kewajiban perpajakannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi, Sanksi Pajak, Self Assessment System, Kepatuhan Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27017

Actions (login required)

View Item View Item