Pengaruh implementasi kebijakan pajak dan tingkat pengetahuan pajak terhadap kepatuhan pajak : (survey terhadap wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bandung Karees)

Agung Pamungkas, Saddam (2014) Pengaruh implementasi kebijakan pajak dan tingkat pengetahuan pajak terhadap kepatuhan pajak : (survey terhadap wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bandung Karees).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan saat ini dinilai masih rendah meskipun setiap tahunnya mulai mengarah ke tingkat yang lebih baik. Kebijakan pajak yang dikeluarkan pemerintah saat ini masih dirasa tidak adil bagi wajib pajak dan belum mampu untuk dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat. Keadilan dan kemudahan dalam wajib pajak memenuhi kewajiban perpajakan merupakan tuntutan wajib pajak yang akan berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan pajak. Di sisi lain, wajib pajak perlu memiliki pengetahuan dalam bidang perpajakan sehingga wajib pajak tidak akan mengalami kesulitan. Tingkat pengetahuan wajib pajak yang masih rendah dinilai dari tingkat pengembalian Surat Pemberitahuan yang kemudian dapat dinilai seberapa besar wajib pajak patuh dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh implementasi kebijakan pajak dan tingkat pengetahuan pajak terhadap kepatuhan pajak. Penelitian ini dilakukan di KPP Pratama Bandung Karees dengan survey terhadap 100 wajib pajak orang pribadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan model analisis Partial Least Square (PLS).Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) implementasi kebijakan pajak berpengaruh terhadap kepatuhan pajak. (2) Tingkat pengetahuan pajak berpengaruh terhadap kepatuhan pajak. Sehingga hasil penelitian ini mendukung teori keterkaitan antara kebijakan pajak terhadap kepatuhan pajak dan pengetahuan pajak terhadap kepatuhan pajak serta mengembangkan penelitian sebelumnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pajak, Pengetahuan Pajak, Kepatuhan Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27023

Actions (login required)

View Item View Item