Pembangunan aplikasi multimedia interaktif petunjuk cara hidup di jepang untuk teknisi asing (Studi Kasus LPK Japindo Cianjur)

Ambari, Muhamad (2015) Pembangunan aplikasi multimedia interaktif petunjuk cara hidup di jepang untuk teknisi asing (Studi Kasus LPK Japindo Cianjur).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) Japindo Cianjur merupakan salah satu lembaga yang bergerak untuk ikut serta membantu pemerintah dalam memberikan pelatihan kerja kepada teknisi yang berminat ke Jepang dalam bidang teknik, bahasa dan budaya bangsa Jepang. Pembelajaran petunjuk cara hidup di negara Jepang merupakan suatu upaya dalam mendukung pengajaran di LPK Japindo Cianjur untuk memberi petunjuk kepada para teknisi asing yang untuk pertama kalinya hidup bermasyarakat di Jepang. Kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode konvensional, dimana pengajar menyampaikan materi hanya menggunakan buku panduan dengan metode sistem ceramah. Selain itu dibutuhkannya suatu media untuk menyampaikan materi petunjuk cara hidup di Jepang yang dapat membantu pengajar dalam menjelaskan materi yang sulit dimengerti oleh peserta didik. Aplikasi Multimedia Interaktif Petunjuk Cara Hidup di Jepang merupakan salah satu media teknologi pembelajaran multimedia untuk membantu pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran yang sulit dijelaskan dan membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan pengajar dengan memberikan media alat bantu pembelajaran, serta menggunakan metode tutorial dalam penyampaian materinya. Pembangunan aplikasi ini harus melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan yang dipilih yaitu metode pengembangan aplikasi multimedia Luther-Sutopo, didalam aplikasi ini terdapat empat menu utama yaitu sekilas tentang negara Jepang, materi, evaluasi dan simulasi. pembelajaran petunjuk cara hidup di Jepang, pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode Black box, kuesioner serta wawancara. Berdasarkan hasil yang didapat dari penelitian yang dilakukan maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini sudah dapat membantu pengajar dalam menjelaskan materi yang sulit dimengerti oleh peserta didik, aplikasi ini sudah dapat membantu peserta didik dalam memahami materi petunjuk cara hidup di Jepang yang disampaikan oleh pengajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Interaktif, Konvensional, Metode Tutorial, Petunjuk Cara Hidup, Multimedia
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27050

Actions (login required)

View Item View Item