Implementasi remote access mikrotik menggunakan protokol jaringan SSH dengan media smartphone blackberry (Studi Kasus BPPTKPK)

Iqbal, Muhammad (2015) Implementasi remote access mikrotik menggunakan protokol jaringan SSH dengan media smartphone blackberry (Studi Kasus BPPTKPK).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

BPPTKPK (Balai Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kejuruan) adalah unit pelaksana teknis di bawah Dinas Pendidikan, Jawa Barat yang bertanggung jawab kepada kepala Dinas Pendidikan. Administrator jaringan di BPPTKPK memiliki kendala dalam memonitoring dan mengatur mikrotik pada saat administrator tidak dapat mengakses secara langsung karena mikrotik hanya dapat diakses pada jaringan lokal dan IP publik yang digunakan pada server bersifat dynamic, sehingga administrator pada kantor BPPTKPK tersebut kesulitan dalam mengakses mikrotik pada tempat dan kondisi yang berbeda. Berdasarkan masalah di atas solusi yang akan dilakukan yaitu dengan mengimplementasikan remote access menggunakan media smartphone agar akses yang dilakukan administrator lebih mudah serta akan digunakan Dynamic Domain Name Server (DDNS) untuk mengatasi kendala pada IP publik mikrotik yang bersifat dynamic. Protokol jaringan yang akan digunakan pada remote access ini yaitu SSH (Secure Shell). Pengumpulan data yang dilakukan berupa studi literatur, observasi dan wawancara. Pengembangan jaringan untuk implementasi remote access ini akan menggunakan metode PPDIOO (Prepare, Plan, Design, Implement, Operate, Optimize). Setelah tahap konfigurasi sistem akan dilakukan pengujian dengan menjalankan perintah mikrotik pada remote access ke server routerOS dan mensimulasikan transmisi data pada protokol SSH, hasil pengujian menyimpulkan bahwa administrator jaringan dapat melakukan monitoring dan mengatur mikrotik melalui remote access menggunakan smartphone sebagai medianya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Remote Access, SSH, DDNS, RouterOS, PPDIOO
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27053

Actions (login required)

View Item View Item