Pengaruh jiwa kewirausahaan dan kreativitas terhadap keberhasilan usaha para pengrajin suvenir Angklung di lingkungan Saung Angklung Udjo Bandung

Bagus Dhewana, Tiara (2014) Pengaruh jiwa kewirausahaan dan kreativitas terhadap keberhasilan usaha para pengrajin suvenir Angklung di lingkungan Saung Angklung Udjo Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Indonesia merupakan salah satu Negara berkembang di kawasan Asia Tenggara yang terus berupaya untuk mencapai pembangunan ekonomi ke arah yang lebih baik. Namun Industri produksi kota Bandung khususnya pada usaha mikro memiliki perkembangan yang menurun, baik dari segi unit usahanya, tenaga kerja, asset, maupun omsetnya. Hal tersebut bahwa perkembangan industry produksi di Kota Bandung memiliki masalah yang harus ditangani oleh pihak-pihak yang terlibat didalamnya.Pada saat pra penelitian penulis juga menemukan adanya permasalahan yang dialami oleh para pelaku UMKM khususnya pada perdagangan souvenir angklung di saung angklung Udjo Kota Bandung. Permasalahan tersebut diantaranya dari perkembangan penjualan yang diperoleh tiap tahunnya mengalami penurunan.Penelitian ini terdiri dari tiga variabel, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini mengambil sampel 44 orang dari populasi 88 orang. Kuesioner digunakan sebagai pengumpulan data primer, analisis data menggunakan korelasi berganda dengan SPSS 13.Hasil Uji F menyatakan Jiwa kewirausahaan yang terdiri dari (Percaya Diri, Inisisatif, Motif Berprestasi, Jiwa Kepemimpinan dam Berani Mengambil Resiko), dan Kreativitas yang terdiri dari (Ingin tau, Optimis, Flexibel, Mencari Solusi Dari Masalah, Orisinil dan Berimajinasi) secara serentak berpengaruh positif dan signifikan sebesar 95% terhadap kinerja usaha para Pengrajin Suvenir Angklung di Lingkungan Saung Angklung Udjo Bandung. Hasil Uji T dengan tingkat kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa Jiwa kewirausahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan usaha para Pengrajin Suvenir Angklung di Lingkungan Saung Angklung Udjo Bandung. Arah bertanda positif menunjukan bahwa jiwa kewirausahaan dan kreativitas yang tinggi membuat keberhasilan usaha lebih tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Jiwa Kewirausahaan, Kreativitas, Keberhasilan Usaha
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27055

Actions (login required)

View Item View Item