Pengaruh manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan : (studi pata Hotel Topas Galeria Bandung)

Anugrah Putra, Yoga (2014) Pengaruh manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan : (studi pata Hotel Topas Galeria Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pariwisata merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, sebelas provinsi yang paling sering dikunjungi oleh para turis adalah Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Lampung, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Banten dan Sumatera Barat.Perkembangan pariwisata di Jawa Barat yang sangat pesat saat ini tidak dapat dipungkiri telah memberikan andil yang cukup besar bagi pendapatan asli daerah. Saat ini hotel dan bisnis pelayanan jasa atau sejenisnya semakin tumbuh subur di Jawa Barat. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, Customer Relationship Management dan Brand Equity merupakan dua hal yang penting.Penelitian ini mencoba untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan konsumen menjadi loyal terhadap suatu hotel ketika menginap, penelitian ini mengunakan 2 variabel independen yaitu Customer Relationship Management dan Brand Equity,sementara Loyalitas Pelanggan sebagai variabel dependennya.Setelah dilakukan tinjauan pustaka, dan penyusunan hipotesis, data dilakukan melalui metode kuesioner yang disebar kepada 85 orang responden pada konsumen Topas Galeria Hotel Bandung dengan menggunakan Stratified Sampling. Sedangkan analisis dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS 20 for windows. Kemudian dilakukan analisis dengan data yang ada menggunakan uji validitas, reabilitas, analisis korelasi, koefisien jalur dan pengujian hipotesis menggunakan uji f dan uji t.Hasil analisis data menunjukan model dan hasil penelitian yaitu Customer Relationship Management secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan sebesar 3,717, sedangkan Brand Equity juga berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan sebesar 4,687. Customer Relationship Management dan Brand Equity mempunyai pengaruh yang signifikan sebesar 7,063. Kemudian Customer Relationship Management dan Brand Equity secara bersama-sama berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan Topas Galeria Hotel Bandung dengan memberikan kontribusi sebesar 45,741 yang artinya memberikan pengaruh positif secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management (CRM), Brand Equity, Loyalitas Pelanggan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:07
Last Modified: 16 Nov 2016 08:07
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/27071

Actions (login required)

View Item View Item